tawar harga di pasar tradisional

9/23/2014

Ketika uang kita pas pasan tentu pasar rakyat atau pasar  tradisional menjadi solusi yang sangat baik. Di pasar tradisional kita akan menemukan barang-barang yang sangat murah yang kualitasnya tidak kalah baiknya dengan barang di mall. Namun kita juga perlu waspada terhadap pedagang pedagang yang memberikan harga yang tidak masuk akal. Untuk itu tawar-menawar di pasar tradisional sangatlah penting.

Berbeda ketika kita belanja di mall yang sudah memberikan harga pass atau harga yang sebenarnya, di pasar tradisional tidak. Harganya dapat saja sangat mahal, namun dapat menjadi sangat murah jika anda pandai menawar atau bernego dengan para penjual.

Untuk itu ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk berbelanja murah di pasar tradisional. Namun perlu diingat cara ini tidak berlaku untuk seorang cowok macho atau pria sejati yang malas berbicara, cara ini hanya diperuntukkan untuk emak-emak atau ibu-ibu yang suka merepet.

1. Pura-pura tidak tertarik
Nah yang paling penting adalah ketika anda sangat tertarik kepada suatu barang, jangan perlihatkan rasa ketertarikan anda tersebut kepada para penjual. Pedagang sangat suka menaikkan harga ketika melihat pembelinya yang sudah sangat terpikat pada barang dagangannya. Usahakan untuk tetap tenang agar penjual tidak memberikan harga yang mahal kepada anda.

2. Pura-pura pergi
Nah trik ini sangat banyak berhasil, namun terkadang juga gagal. Ketika kita pura-pura pergi biasanya para penjual akan memanggil kita kembali dan menjadi setuju dengan harga yang sudah kita tawar sebelumnya. Ini sangat efektif, karena terkadang para penjual sangat butuh uang dan menjualnya dengan harga yang sangat murah, itu tentu lebih baik bagi mereka daripada dagangannya yang tidak laku.

3. Sok akrab dan ingin menjadi langganan
Ini sangat baik diterapkan. Cobalah menjadi akrab dengan para penjual, puji apa yang ada pada diri penjual, atau tanyakan dimana alamatnya anak siapa? Tinggal dimana, dan anggaplah dia sebagai saudara jauh, ini juga akan berpengaruh pada harga barang yang ingin anda beli darinya.

4. Ambil lebih
Biasanya para pedagang akan memberikan harga yang murah jika kita membeli lebih dari satu, nah cara ini juga patut dicoba.

Itulah beberapa cara efektif untuk menawar harga di pasar tradisional.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon