5 manfaat dan keuntungan menulis di blog yang paling besar

manfaat dan keuntungan menulis di blog yang paling berharga

Di jaman yang modern ini siapa yang tidak kenal dengan blog. Ya tentu saja semua orang saat ini pasti mendapatkan banyak informasi dari blog. Masih belum tau juga, baiklah, blog adalah tempat dimana anda dapat menuangkan karya tulisan anda untuk dibagikan ke semua orang di dunia secara online tentunya. Namun tentu saja blog juga bias digunakan untuk keperluan privasi pribadi, atau bisa kita katakana sebagai bentuk diari online.

Mengapa anda harus punya blog? mungkin saja anda berfikir blog tidak terlalu penting bagi anda karena anda sudah punya banyak media online lain yang lebih menyenangkan, atau mungkin anda berfikir bahwa social media lebih bermanfaat daripada blog. Faktanya blog tidak sama dengan social media. Blog dan social media punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah untuk kali ini saya tidak akan terlalu banyak membahas tentang social media, karena saya yakin pun sobat-sobat semua sudah sangat paham dengan yang namanya social media.

Oleh karenanya mari sama-sama kita kupas apa keuntungan dan kelebihan jika anda memiliki blog;

1. Blog membantu anda menjadi penulis yang handal
Jika di social media kebanyakan anda membagikan karya yang berbentuk foto, maka di dalam blog yang akan anda bagikan adalah karya yang umumnya berbentuk tulisan. Tentu saja dengan mempunyai blog anda akan terdorong untuk menulis karya anda sendiri di blog, dan yang lebih asyiknya lagi, jika tulisan anda bagus maka anda akan mendapatkan pengunjung setia dan berbagai komentar.

2. Bisa berbagi ilmu bermanfaat kepada seluruh orang
Nah inilah hal yang paling saya senangi dalam menulis di blog. Dengan tulisan kita yang bermanfaat pada orang lain, maka tentu saja akan memberikan kesenangan dan kebanggan tersendiri bagi kita sebagai penulisnya, apalagi jika artikel kita dijadikan kutipan di media-media lain. Selain itu tentu saja kita akan terus mendapatkan pahala dari manfaat dan pengetahuan yang kita bagikan kepada orang lain.

3. Bersosial
Blog juga merupakan sarana yang dapat anda manfaatkan untuk bersosial dan mengenal satu sama lain baik sesama blogger, maupun kepada pengunjung blog. Seperti layaknya social media, disaat anda sering memberikan komentar yang baik di blog orang lain maka biasanya anda juga akan mendapatkan komentar dari blogger lain. Di blog kita juga akan mendapatkan banyak teman dan kenalan baru, bahkan lebih asyik lagi karena adanya kita akan terus terpacu bersama teman blogger untuk menerbitkan tulisan-tulisan yang lebih baik lagi.

4. Menambah wawasan dan pengetahuan
Ketika menulis tentu kita membutuhkan banyak referensi dan pengetahuan. Hal ini akan mendorong para blogger untuk membaca artikel dari berbagai sumber demi terciptanya karya tulis yang berkualitas. Dengan sendirinya tentu secara otomatis akan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Tidak sebatas itu saat kita mengunjungi blog sahabat dan membaca artikel buatannya pun pengetahuan kita akan terus bertambah. Maka tak heran jika rata-rata para blogger adalah orang yang pintar dan berwawasan luas.

5. Mendapatkan uang
Jika anda sudah rutin menulis di blog, dan mendapatkan banyak pengunjung, tidak ada salahnya mencoba mendapatkan penghasilan dari blog. Sudah banyak para blogger yang menjadi sukses dan berpenghasilan dari blog buatanya. Tentu ini juga merupakan keuntungan bagi para blogger karena selain menyalurkan hobinya untuk menulis dan berbagi informasi kepada orang lain, ia juga dapat merasakan mafaat dari blog dan karya karyanya.

Itulah beberapa alasan yang menurut saya yang paling penting dan terasa manfaatnya saat anda membuat suatu blog dan menyalurkan karya tulis anda. Jika anda memiliki alasan lain untuk menulis di blog, silahkan sampaikan di kolom komentar...

Semoga bermanfaat....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »