tujuan program pendidikan profesi guru PPG


PPG (program profesi guru) adalah sebuah program pendidikan yang diluncurkan pemerintah untuk memajukan pendidikan Indonesia. PPG tidak hanya ditunjukkan hanya bagi lulusan pendidikan, namun lulusan diluar pendidikan juga dapat mengikuti PPG. Saat ini PPG adalah pengganti akta IV yang dulu menjadi syarat untuk menjadi guru.

Program profesi guru adalah sarana khusus yang saat ini dipercaya akan dapat melahirkan guru-guru yang professional. Dimana memiliki kemampuan yang telah sesuai dengan standar tertinggi di dunia pendidikan. Sehingga para lulusan PPG akan diberikan gelar khusus yaitu Gr atau guru professional.

Program profesi umum memiliki tujuan khusus dan tujuan umum.
Tujuan khusus PPG adalah menghasilkan guru yang mampu
1. Merencanakan, melaksanakan, menilai proses pembelajaran
2. Menindak lanjuti penilaian
3. Melakukan bimbingan ke perserta didik
4. Melakukan penelitian
5. Mengembangkan profesionalitas

Sedangkan tujuan PPG secara umum yaitu untuk menghasilkan guru yang berkualitas dan professional dibekali dengan kemampuan yang sesuai standar dan mutu yang telah ditetapkan. Khususnya guru PPG akan mendapatkan pemahaman khusus tentang 4 kompetensi yang harus dikuasainya yaitu kompetensi, pedagogik, kepribadian, sosial dan professional. Yang mana nantinya dengan kehadiran guru tersebut dapat memajukan pendidikan bangsa.

Itulah beberapa fungsi tentang program profesi guru atau PPG secara ringkas. Tentu jika dijabarkan lebih lanjut makan akan menghasilkan banyak tujuan-tujuan lainnya. Namun intinya adalah PPG merupakan usaha pemerintah dalam menghadirkan guru yang lebih berkualitas dengan tujuan demi kemajuan pendidikan bangsa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »