toefl yang diakui lpdp

8/08/2021
syarat toefl lpdp


Salah satu alasan kebanyakan orang ingin mengikuti tes TOEFL adalah karena ingin mengikuti salah satu beasiswa bergengsi di Indonesia apa lagi kalau bukan LPDP. Salah satu syarat bagi pendaftar beasiswa LPDP adalah memiliki sertifikat kemampuan bahasa inggris salah satunya adalah TOEFL. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis TOEFL diakui oleh beasiswa LPDP.

Tentu saja alasannya adalah untuk mendapatkan hasil tes kemampuan yang murni dan tidak ada unsur penipuan. Jadi jenis TOEFL yang tidak diakui oleh LPDP adalah jenis TOEFL prediction atau TOEFL equivalent. TOEFL jenis ini biasanya dipergunakan hanya untuk tes percobaan saja. 

Nah kembali lagi ke topik pembahasan jadi TOEFL apa yang diakui beasiswa LPDP. Ada dua jenis TOEFL yang bisa kalian gunakan untuk mendaftar ke LPDP yaitu IBT dan ITP. IBT adalah jenis TOEFL yang paling bagus, karena dengan TOEFL ini kalian bisa mendaftar beasiswa ke dalam maupun luar negeri.

Namun bukan masalah di akui atau tidak di akui saja, skor TOEFL untuk beasiswa LPDP juga menjadi syarat mutlak untuk para pendaftar. Kalau mau daftar beasiswa s2 jalur umum untuk dalam negeri kalian paling tidak harus memiliki nilai minimal 500 untuk ITP atau 61 untuk IBT. Sedangkan untuk jalur umum luar negeri kalian harus punya skor 80 TOEFL IBT. Tapi terkadang skor di atas bisa berubah kalau kalian ambil bukan jalur umum. Untuk lebih jelasnya mengenai nilai bisa baca saja paduan booklet di website resminya.

Sebagai catatan kelebihannya TOEFL ITP adalah lebih murah daripada IBT. Kalau ITP paling biayanya berkisar 500 sampai 600 ribuan. Sedangkan IBT lebih mahal bisa sampai 2 jutaan lebih.

Jadi menurut saya, kalau ambil beasiswa dalam negeri mending tes ITP saja supaya lebih hemat. Umumnya memang ITP mudah di gunakan di dalam negeri. Namun ada juga beberapa beasiswa luar yang masih menerima ITP seperti beasiswa australia awards atau pun beasiswa fullbright ke amerika. Tapi kalau punya uang lebih dan sudah cukup persiapan tidak ada salahnya juga untuk ikut yang IBT karena TOEFL jenis ini umumnya hampir bisa digunakan di seluruh beasiswa.

Nah untuk yang ingin belajar TOEFL, bisa juga baca-baca tentang grammar bahasa inggris yang sudah saya tuliskan di sini. Siapa tau bisa membantu teman-teman untuk mempersiapkan TOEFL LPDP. Semoga infonya bisa membantu teman-teman.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon