Merubah kalimat aktif menjadi pasif di dalam bahasa inggris


Tidak hanya pada bahasa Indonesia saja, Bahasa inggris juga memiliki yang namanya kalimat pasif, yang mana kalimat ini biasanya hanya digunakan di dalam semua cerita, karena tidak seperti orang Indonesia yang suka bertele-tele, orang barat lebih suka pada kalimat aktif yang langsung pada poin percakapan, seperti contohnya:

Pada kalimat pasif adalah,,, Saya telah dikejutkan oleh berita itu dan jika dirubah pada bentuk aktif menjadi Berita itu mengejutkan saya. naaah begitulah kira kira.. Tetapi jangan salah, karena didalam menulis atau writing, kalimat pasif sangat berguna, karena hal ini akan membuat tulisan kita lebih farian dan tidak kaku. Orang yang memiliki fariasi dalam menulis akan lebih terlihat professional. Sehingga dalam penilaian pun akan memiliki poin lebih contohnya saja seperti pada sesi writing tes TOEFL atau IELTS. Baca disini mengenai tes TOEFL dan IELTS.

Sejujurnya saya tidak terlalu suka menggunakan kalimat pasif tapi apa salahnya untuk dipelajari mengingat bentuk pasif sangat penting di writing. yooo....Oohh yaa perlu diingat sebelummnya semua kata kerja pasif dalam bahasa inggis ialah bentuk Past participle atau bentuk ketiga ookkaayy. Jika kalian belum paham mengenai apa itu bentuk past participle ada baiknya untuk mencoba melihat aturan tenses Bahasa inggris di tenses Bahasa inggris lengkap.

Naah berikut beberapa bentuk bentuk kalimat pasif dalam bahasa inggis:

1. Simple present

My friend calls me  (dipasifkan menjadi)  I am called by my friend


2. Simple past

My friend called me (dipasifkan menjadi) I was called by my friend


3. Present perfect

Andri has watched naruto (dipasifkan menjadi) Naruto has been watched by Andri
Nahh apabila yang dilakukan nya tidak satu maka has akan berubah menjadi have sebagaimana dengan rumus dasar untuk plural contoh:
Andri has watched naruto movies (dipasifkan menjadi) Naruto movies have been watched by Andri


4. Present future

Andri will watch naruto (dipasifkan menjadi) Naruto will be watched by Andri
Nah jika dia berbentuk going to menjadi:
Andri is going to watch naruto (dipasifkan menjadi) Naruto is going to be wached by Andri


nahh itulah dia beberapa bentuk dalam kalimat pasif selain itu yang perlu diingat adalah:


1. Objek dalam kalimat aktif bila dipasifkan akan menjadi subjek contoh
My friend calls me  (dipasifkan menjadi)  I am called by my friend

nahh jelas Me yang objek menjadi subjek I setelah di pasifkan


dan begitu juga dengan subjek di kalimat aktif menjadi objek di passif sentence
My friend calls me  (dipasifkan menjadi)  I am called by my friend

Yang terakhir adalah tidak semua kalimat bisa dibuat menjadi pasif karena ada kalimat trasitive dan intransitive. Dengan kata lain perlu diingat kalimat yang tidak memiliki object maka ia tidak bisa diubah menjadi pasif. Agar lebih jelas silahkan lihat disini kalimat transitive dan intransitive

hehehe itulah bentuk-bentuk dari kalimat pasif dalam bahasa inggris mudahh bukaann,, Jika mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa inggris saya juga menyarankan anda juga membaca cara mudah belajar Bahasa inggris siapa tau bias membantu. Demikianlah penjelasan singkat saya tentang cara merubah kalimat pasif ke aktif, semoga bermanfaat. good luck :-D





 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
cak darwis
AUTHOR
April 16, 2015 delete

thanks mas brooo mau UTS nih gw

Reply
avatar