hipokondria dan cara menyembuhkannya

Apakah anda tergolong kedalam orang orang yang terkena penyakit hipokondria? Sebelumnya tahukah anda apakah itu hipokondria? Hipokondria adalah satu dari sekian penyakit psikologi. Penyakit ini adalah penyakit yang ditimbulkan dari pemikiran negatif, Orang yang menderita hipokondria akan selalu berfikir negatif terhadap dirinya, atau kita juga dapat mengatakan bahwa hipokondria adalah kekhawatiran yang berlebihan terhadap suatu penyakit. Contohnya saja ketika penderita hipokondria mengalami demam maka ia akan berfikir bahwa ia sedang menderita sebuah penyakit berbahaya sepeti tanda tanda dari HIV aids, atau mungkin orang ketika dia sedang merasa sakit pada bagian tubuhnya maka dia sudah beranggapan bahwa ia terkena kanker dsb. Hipokondria  bukanlah penyakit yang sepele karena penyakit ini akan sangat mengganggu, berikut beberapa efek yang akan ditimbulkan dari penderita hipokondria,

1. Susah tidur malam akibat selalu berfikiran terhadap penyakit penyakit yang sebenarnya tidak ada

2. Akan sulit berkonsentrasi diakibatkan karena pemikiran yang tidak akan bisa terpusat pada persoalan yang dipikirkan karena dilain hal juga berfikiran terhadap penyakit yang tidak ada.

3. Tidak akan pernah percaya dari hasil tes dokter, walaupun hasilnya sudah sangat akurat dia akan mencari dokter yang lainnya dan melakukan tes lagi yang sebetulnya tidak perlu

4. Lama kelamaan apabila tidak ditangani dengan tepat penderita akan dapat mengalami stress berat dan akan merusak jiwanya.


Nah dari sekian efek efek yang anda liat di atas tentu ini merupakan penyakit yang sangat mengganggu, nah pertanyaan berikutnya bagaimana cara mengatasi penyakit ini, berikut cara nya:


1. Mendektakan diri kepada Allah tuhan kita, karena sesungguhnya apa yang kita punya di dunia ini hanyalah sementara dan suatu saat akan di ambil jadi kita tidak perlu khawatir yang berlebihan, semuaanya ada di tangan Allah, orang orang yang beriman kepada Allah tentu jiwanya akan selalu tenang dan tidak ada yang namanya hipokondria. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepadanya.


2. Rubahlah pemikiran anda, kalahkan sisi negatif dalam jiwa anda, semua orang punya sisi negatif, cobalah untuk selalu berfikir positif, karena berfikir negatif hanyalah membuang waktu anda.

3. Kunjungi psikiater atau ahli jiwa, agar dapat merubah pola pemikiran anda,

4. Berkumpulah dengan para kawan, kerabat, atau sahabat, karena dengan keceriaan mereka, tentu dapat mengurangi stress anda.

5. Jangan terlalu menyayangi dan memikirkan duniawi, ingat ada kehidupan yang lain setelah ini, dunia ini hanyalah sementara, dan semua akan kembali kepadanya.


Nah demikian apakah anda hipokondria? tentu anda sendirilah yang tau jawabannya,. semoga bermanfaat




image source: http://www.weber.edu


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Lawrence
admin
July 10, 2012 at 6:29 PM ×

Salam kenal Rezki. how are you buddy?

I just change my bloggers' template, you check it out yah

Reply
avatar