pengertian pendidikan

Pengertian dari pendidikan adalah banyak, Berikut adalah beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli:


A. Menurut langeveld

Pendidikan merupakan pemberian bimbingan dan pertolongan rohani kepada anak didik agar menjadi dewasa. Dewasa dapat diartikan mampu melaksanakan tugas tugasnya sendiri, serta untuk mengembangkan akal juga emosi anak didik.


B. Menurut Crow and crow

Pendidikan merupakan proses pengalaman yang memberi pengertian, pandangan, dan penyesuaian bagi anak didik yang menyebabkan ia berkembang dengan potensi yang dimiliki oleh anak didik tersebut.


C. Menurut Cryns

Pendidikan Merupakan proses pertolongan yang dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik untuk membawanya ke tingkat kedewasaan. Pertolongan tersebut dilakukan agar pendidik dan anak didik dirumah, disekolah, maupun di dalam masyarakat.


D. Menurut John dewey

Pendidikan merupakan proses pengalaman yang terdapat dalam kehidupan manusia, Sehingga anak didik dapat tumbuh baik fisik dan rohaninya yang berlangsung sepanjang hidupnya.


E. Menurut Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah usaha mewujudkan pertumbuhan budi pekerti, untuk mengembangkan pikiran anak didik yang selaras dengan dunianya.


Maka kesimpulan dari semua pendapat adalah:

Pendidikan adalah proses untuk merubah anak didik menjadi lebih baik atau lebih dewasa, baik itu pikiran, fisik, emosi atau rohaninya.

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
September 16, 2012 at 1:26 PM ×

sangat bermanfaat buat tambahan referensi saya pak :)
terima kasih...

salam,

Reply
avatar
September 19, 2012 at 6:44 PM ×

Pak silahkan mampir blog saya, ada sesuatu yang sangat spesial khusus buat bapak dari saya :)

salam,

Reply
avatar