pulau terbesar di dunia



Mesikipun sebahagian besar dari bumi adalah laut, tetapi bumi masih memiliki beberapa pulau-pulau yang memiliki ukuran yang cukup luas. Beberapa pulau ini tersebar diantara luasnya dunia. Konon dahulu kala banyak pulau-pulau luas lainnya, yang lama-kelaman berubah seiring berjalannya waktu. Bahkan percaya atau tidak banyak orang yang mengatakan bahwa dahulu pulau jawa dan sumatra adalah satu namun terpisah akibat peristiwa meletusnya gunung krakatau. Nah kali ini kita akan membahas beberapa pulau-pulau yang paling luas di dunia:

1. Greenland
Greenland adalah pulau yang paling luas di dunia dengan ukuran 2.175.597 km persegi. Tetapi hanya pada bagian selatan dan barat saja yang dapat dihuni oleh manusia, karena bagian lainnya ditutupi oleh salju yang tebal. Penduduk aslinya adalah orang eksimo dan Inuit.

2. Irian
Dengan luas wilayah yang mencapai 820.032 km persegi pulau irian menjadi pulau terbesar kedua setelah greenland. Pulau ini dikuasai oleh dua negara yaitu indonesia dan papua nugini. Indonesia patut berbangga memiliki sebahagiaan pulau ini karena memiliki hasil tambang yang cukup banyak seperti emas dan minyak bumi.


3. Pulau Kalimantan
Pulau kalimantan atau pulau borneo menempati posisi ketiga dengan luas wilayah 743.107 km persegi.
Pulau ini diduduki oleh tiga negara yaitu brunei, malaysia, dan indonesia. Bagi Indonesia kalimantan merupakan salah satu pusat produksi hasil tambang.


4. Pulau Madagaskar
Selanjutnya adalah pulau madagaskar yang luasnya mencapai 587.041 km persegi. Banyak flora dan Fauna langka di pulau ini yang tidak bisa di temukan di daerah lain.


5. Pulau Baffin
Pulau baffin yang terleak di bagian utara kanada adalah pulau terluas ke 5 di dunia dengan hamparan 476.067 km persegi.

6. Pulau Sumatra
Sebagai orang indonesia tentu kita kenal dengan pulau sumatra. Pulau satu ini sepenuhnya milik indonesia. Luas pulau sumatra adalah 472.604 km persegi yang menjadikannya sebagai pulau ke 6 terbesar di dunia.

7. Pulau Honshu
Pulau Honshu terletak di negara jepang yang di dalamnya terdapat salah satu kota besar di jepang yaitu kota Osaka. Namun pulau ini sering dilanda gempa bumi akibat banyaknya gunung berapi di pulau tersebut. Luas pulau Honshu adalah 230.315 km persegi.

8. Pulau Inggris Raya
Pulau Inggris Raya atau sering juga disebut britania raya, berada pada urutan ke 8 dengan luas wilayah 229.883. Di pulau ini terdapat tiga negara yaitu skotlandia, wales, dan Inggris.


9. Pulau Victoria
Pulau ini terletak di kanada. Ini adalah pulau terbesar ke dua di kanada setelah pulau baffin. Pulau ini memiliki luas wilayah 217.290 km persegi.

10. Pulau Ellesmere
Nah ini adalah pulau yang berada di bagian utara kanada. Pulau ini memiliki luas 196.236 km persegi. Tetapi sebahagian besar pulau ini ditutupi oleh gunung es dan gletser.



Nah itulah beberapa pulau pulau yang paling luas di dunia. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa Indonesia memiliki 3 pulau besar yaitu kalimantan, papua, dan sumatra. Tidak heran jika Indonesia dijuluki sebagai negara seribu pulau.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »