laut terbesar di dunia


Lautan terluas atau yang biasa kita kenal dengan sebutan samudra adalah bentangan air yang paling luas di dunia dan terus mengalir di seluruh dunia. Perbedaan antara samudra dan laut adalah, samudra lebih besar daripada laut, dan laut adalah bagian kecil dari samudra. Dengan kata lain gabungan-gabungan dari beberapa laut adalah samudra. Nah kali ini untuk menambah pengetahuan kita, ada baiknya kita mengetahui samudra-samudra yang paling luas di bumi ini.

1. Samudra Pasifik
Samudra pasifik adalah samudra yang paling luas di permukaan bumi. Bahkan samudra ini lebih luas daripada seluruh daratan bumi. Luas samudra ini mencapai 165.200.000 km2. Selain terluas samudra ini juga merupakan samudra yang paling dalam.

2. Samudra Atlantik
Setelah samudra pasifik di urutan kedua ada samudra atlantik yang memiliki luas sekitar  106.400.000 km2. Samudra ini adalah samudra dengan penghasil minyak mentah terbanyak.

3. Samudra Hindia
Tentu kita sudah sangat familiar dengan samudra hindia karena samudra ini juga membentang di bagian indonesia. Luas samudra ini kurang lebih 68.556.000km2.

4. Samudra antartika/ samudra selatan
Dikatakan dengan nama samudra selatan dikarenakan daerah ini berbatasan langsung dengan kutub selatan. Luas samudra antartika mencapai  20.327.000 km2. Temprature airnya pun sangat dingin berkisar antar 10 hingga -2 celcius.

5. Samudra artik
Samudra artik terletak di kawasan bagian kutub utara. Luas dari samudra artik adalah 14.056.000 km2. Di samudra ini rata-rata bagian lautnya ditutupi oleh es.

Nah itulah beberapa samudra dan luasnya semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »