hal yang mempercepat penuaan

10/01/2014

Proses penuaan adalah suatu hal yang alami dan tidak dapat dicegah. Semua orang pasti akan sampai di masa tua. Meskipun tidak dapat dicegah namun penuaan dapat diperlambat. Untuk memperlambat proses penuaan kita perlu menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan penuaan dini. Nah berikut ini adalah hal-hal yang mempercepat proses penuaan.

Terlalu sering mandi
Berbeda dengan orang luar negeri, orang indonesia biasanya mandi dua kali sehari dan itu merupakan keharusan. Di luar negeri umumnya mereka sangat jarang mandi. Mandi memang membantu kita membersihkan bakteri di tubuh, namun jangan salah di kulit juga terdapat bakteri baik, dan minyak yang mengontrol kelembaban kulit. Jadi ketika kita mandi maka bakteri baik dan minyak di kulit juga ikut terangkat sehingga hal ini dapat memicu kerutan dini pada kulit anda. Nah indonesia memang memiliki iklim tropis sehingga sangat wajar jika orang-orangnya memiliki kebiasaan mandi 2 kali sehari. Karena jika tidak madi pasti akan menimbulkan penyakit lainnya. Oleh karena itu ada baiknya untuk mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang memiliki ph netral.

Jarang olah raga
Olah raga sangat penting bagi tubuh kita. Ini dikarenakan olahraga dapat memperlancar jalan darah, menghilangkan stress, membuat tubuh lebih fit, dan membantu membakar lemak di dalam tubuh. Sehingga dengan berolah raga anda akan lebih awet muda dan memiliki tubuh yang ideal.

Makan tidak sehat
Makanan juga sangat berpengaruh, percaya atau tidak orang yang memelihara makanannya akan lebih awet dibandingkan dengan orang yang makan sembarangan. Pilihlah buah buahan dan sayur sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan gizi yang baik bagi tubuh anda.

Lama di terik matahari
Terik matahari juga dapat membuat anda terlihat cepat tua, ini dikarenakan terlalu lama di sinar matahari dapat membuat kulit anda menjadi keriput.

Stress
Terlalu banyak beban atau stress akan membuat anda terbebani. Ini akan merangsang suatu hormon yang memicu kepada penuaan dini. Seperti rambut mulai rontok, timbulnya berbagai macam penyakit, dan kulit mulai keriput.

Bekerja terlalu berat
Berkerja terlalu berat akan mempercepat penuaan anda, contoh simplenya adalah kuli bangunan yang terlihat tua padahal usianya masih sangat muda.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon