keberadaan nuklir di indonesia


Indonesia kini telah mampu membuat teknologi nuklir. Tetapi Indonesia telah berkomitmen untuk tidak membuat nuklir sebagai senjata. Indonesia hanya akan menggunakan teknologi nuklirnya untuk hal-hal yang bermanfaat untuk manusia dan kemanusiaan. Banyaknya ahli nuklir di Indonesia dan SDM kita pun saat ini banyak dipakai oleh negara lain. Itu artinya kalau mau, Indonesia dengan mudah membuat nuklir

Saat ini Indonesia mempunyai tiga sumber daya alam uranium yang cukup. Seperti tambang uranium di Mamuju Sulawesi Barat. Tambang di Mamuju inilah yang sedang diincar pihak asing. Selain mamuju Indonesia pun punya beberapa tambang lainnya di Kalimantan Barat. Dengan adanya sumber daya alam dan didukung oleh sumber daya manusia yang ahli dalam bidang nuklir otomatis Indonesia bisa mudah mengembangkan teknologi nuklir.

Dibalik itu semua, dikhawatirkan ada pihak asing yang ingin menguasai sumber daya alam kita. dengan dalih pemusnahan nukllir. Padahal kita memakai nuklir untuk kemanusiaan namun besar kemungkinan tetap dituduh oleh pihak asing. Sama halnya, seperti yang terjadi di Iran, negara kita pun sebetulnya telah diawasi dan disoroti oleh Negara-Negara besar. Uranium di indonesia telah diketahui banyak negara-negara besar karenanya pemerintah harus hati-hati dengan pengelolaan data tersebut.

Indonesia berkomitmen untuk tidak menggunakan teknologi nuklirnya untuk membuat senjata nuklir. Indonesia pun dianggap berhak untuk meminta kompensasi dari negara-negara maju atas komitmennya tersebut. Indonesia hanya akan menggunakan teknologi nuklirnya untuk hal-hal yang bermanfaat untuk manusia dan kemanusiaan

Dengan komitmen tersebut sepatutnya Indonesia berhak untuk mendapatkan kompensasi dari negara-negara maju yang mendukung pemusnahan senjata nuklir disertai dengan bantuan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di bidang teknologi ini. Tentu kehadiran energy tersebut sangat bermanfaat bagi Indonesia karena teknologi nuklir juga dapat digunakan untuk memantau bencana alam. Apalagi alat yang digunakan dalam teknologi nuklir sangatlah canggih dan dapat juga dipakai untuk memantau bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti tsunami maupun gunung meletus.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »