cara membuat tulisan yang berkualitas di blog


Mungkin anda sering bertanya, bagaimana seseorang mampu membuat tulisan yang sangat menarik untuk dibaca, bahkan anda sendri sangat suka dengan tulisannya. Sangking sukanya anda pun membaca tulisan tersebut berulang-ulang. Tulisan yang baik pun tak hanya disukai oleh manusia, tetapi mesin pencari seperti google pun akan ikut suka dengan tulisan anda. Tulisan anda pun menjadi terkenal dan menjadi peringkat satu di pencarian google. Ya berbicara tentang tulisan tentu kemampuan menulis seseorang itu berbeda-beda. Ada yang bagus, ada yang sedang ada pula yang buruk.

Namun meningkatkan kemampuan menulis itu bisa anda lakukan, dengan sering berlatih menulis. Karena sebenarnya kemampuan menulis seseorang itu sendiri umumnya tergantung pada seberapa sering ia membuat tulisan dan seberapa sering ia membaca tulisan orang lain. Jadi semakin sering anda menulis maka semakin terbiasa pula anda dalam menyusun kata-kata. Ingat semakin baik anda dalam menyusun kata-kata dalam sebuah tulisan, makan akan semakin baik pula hasil karya tulisan anda.

Selanjutnya yang paling berpengaruh dalam kemampuan menulis adalah seberapa banyaknya anda membaca. Ketika anda membaca secara tidak langsung anda akan menambah wawasan dan pengetahuan anda yang nantinya  sangat berguna untuk anda tuangkan dalam menulis. Tulisan orang yang suka membaca dengan orang yang malas membaca sangat jauh berbeda. Mengapa demikian?

Alasannya adalah, orang yang banyak membaca akan cenderung menghasilkan tulisan yang lebih berisi. Maksudnya berisi disini adalah, tulisan yang dihasilkan akan lebih banyak mengandung informasi yang kentara. Hal ini terjadi karena pengetahuan sang penulis yang banyak sehingga tulisan yang dihasilkannya pun juga akan menjadi lebih informatif.

Sebaliknya hal tersebut akan sangat berbeda dengan tulisan yang dihasilkan dari penulis yang pengetahuannya terbatas. Tulisannya akan cenderung lebih umum, dan sering bertele-teleh. Infromasi yang dihasilkan pun biasanya juga hanya mengikut persis dari sumber lain. Sehingga artikelnya pun akan terkesan kurang informatif.

Kemudian hal lain yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dari sebuah tulisan adalah seberapa ikhlas penulis tersebut menulis. Jika anda telaah lebih dalam, maka akan sangat mudah membedakan penulis yang hanya menulis untuk uang dengan penulis yang memang benar-benar ikhlas menulis untuk memberikan informasi.

Penulis yang ikhlas akan memberikan hasil karyanya yang terbaik bagi pembacanya. Harapannya tentu agar tulisannya bermanfaat bagi banyak orang dan dengan tulisan tersebut ia dapat membantu orang-orang yang membutuhkan informasi-informasi. Sehingga ia akan mencurahkan seluruh tenaganya untuk menulis demi kebaikan dan hasil tulisannya pun juga sangat-sangat berkualitas.

Berbeda halnya dengan penulis yang hanya ingin menulis untuk tujuan tertentu, seperti untuk dibayar ataupun mencari uang. Biasanyanya kulitas tulisannya tidak jauh lebih baik dari penulis yang memang ikhlas untuk berbagi. Karena mereka cenderung menulis demi uang jadi kualitas tulisan bukan yang nomor satu. Yang mereka lebih utamakan seperti, kata kunci untuk seo, panjang tulisan, keunikan tulisan, dll. Tentu saja menjadikan uang sebagai motivasi menulis tidak ada salahnya, hanya saja biasanya kualitas tulisannya akan kalah jauh dengan penulis yang memang ikhlas berbagi.

Realitanya, sangat jarang orang yang menulis hanya dengan motifasi untuk berbagi pengetahuan. Pasti ada udang dibalik batu, pasti ada keingin uang dibalik usaha. Saya akui saya sendiri juga begitu, namun saya akan terus berusaha untuk menulis lebih ikhlas untuk membantu orang. Karena dengan niat yang baik seperti ini saya percaya tidak hanya tulisan saya yang menjadi bagus namun penghasilan saya pun yang tidak menjadi tujuan pun akan otomatis ikut menjadi lebih baik. Selain itu pun menulis dengan ikhlas akan lebih menyenangkan dan tidak ada kesan keterpaksaan.


Jadi kesimpulannya adalah jika anda memang betul-betul ingin menjadi penulis yang hebat, jadilah penulis yang ikhlas untuk berbagi pengetahuan. Diiringi dengan berlatih dan memperbanyak membaca. Dengan begitu pasti tidak diragukan lagi, tulisan ada akan sangat-sangat berkualitas dan disukai banyak orang.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »