penyebab tidak kunjung dapat kerja alias menganggur


Setelah anda menyelesaikan kuliah, maka tibalah saatnya untuk terjun ke dalam dunia pekerjaan. Pada saat inilah biasanya seseorang baru menyadari betapa kerasnya petarungan di dunia pekerjaan. Realitanya satu orang sarjana harus enghadapi ribuan calon pencari kerja. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pengangguran di Negara Indonesia.

Sebenarnya jika berusaha dengan keras, pekerjaan dapat diraih, hanya saja ada beberapa alasan umum lainnya yang dapat menyebabkan seseorang menjadi pengangguran dalam waktu yang lama bahkan menjadi penganguran abadi. Jika anda belum dapat kerja saat ini, cobalah lihat beberapa alasan dibawah,siapa tau itulah yang menjadi sebab mengapa anda belum mendapatkan pekerjaan hingga saat ini.

1. Tidak ahli dalam bidang yang anda pelajari
Keahlian seseorang adalah alasan utama mengapa anda diterima di suatu perusahaan. Bagaimana mungkin suatu perusahaan menerima pekerja lulusan sastra inggris kalau ia tidak mampu berbahasa inggris yang baik. Oleh sebab itu cobalah menekuni bidang anda. Jadilah seseorang yang ahli bada bidang yang ditekuni, sehingga ada mempunya keahlian yang dibutuhkan. Untuk itu jika anda merasa masih kurang mampu di bidang yang anda tekuni, maka segera tambahkan ilmu anda dengan belajar.

2. Malas berusaha
Sebagai pencari kerja, berusahan melihat lowongan dan pulang kerja adalah keharusan. Jangan pernah berfikir anda akan mendapatkan pekerjaan hanya dengan duduk manis di rumah. Menjari pekerjaan butuh pengorbanan dan usaha yang keras. Ingat diluar sana ada banyak orang yang sedang berusaha keras dalam mencari pekerjaan. Apakah anda merasa belum berusaha secara maksimal? coba tanyakan pada diri anda.

3. Terlalu cepat putus asa
Baru sekali gagal diterima perusahaan sudah malas berusaha lagi. Jangan menjadi orang yang mudah menyerah. Perusahaan tidak akan menerima calon pekerja yang tertalu mudah menyerah dan putus asa. Teruslah berusaha dan jangan pernah berhenti, sampai perusahaan tersebut bosan melihat anda melamar di termpatnya.

4. Terlalu idealis
Banyak sekali orang yang ingin bekerja ini, itulah, tidak mau inilah terlalu memilih milih dalam pekerjaan. Umumnya semua orang selalu mulai dari dasar. Walaupun pekerjaan anda saat ini mungkin belum sesuai dengan yang anda harapkan, tetapi tentu saja pekerjaan awal anda dapat menjadi batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu jangalah terlalu memilih pekerjaan yang hebat, selama itu halal dan dapat menunjang perkembangan karir anda, terimalah karena pekerjaan itu selain memberikan anda pengalam juga mempermudah anda untuk mendapatkan karir yang lebih baik kedepannya.

5. Jangan lupa berdoa
Setelah berusaha secara maksimal, maka jangan lupa berdoa ke yang maha kuasa agar dipermudahkan jalan untuk menemukan pekerjaan. Karena sesungguhnya kita sebagai manusia hanya mampu berusaha dan Allah lah memutuskan segalanya.

Selama berusaha, semoga kawan-kawan semua sukses dan diberikan pekerjaan yang baik. Amiin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »