manusia kaya di dunia yang tercatat dalam sejarah lama


Sebagian besar orang mungkin tahunya kalau Bill Gates adalah orang paling kaya di dunia pria pemilik perusahaan teknologi microsoft itu memiliki total harta senilai 89,8 miliar dolar Amerika atau kalau ditukar ke mata uang Rupiah senilai 1200 triliun. Namun ternyata pernah ada manusia yang kekayaannya sangat jauh melampaui Bill Gates si jenius di bidang teknologi ini. Cuma saja mereka yang lebih kaya dari Bill Gates adalah manusia yang hidup di zaman dulu seperti para Kaisar atau raja-raja. Masuk akal tentunya karena mengingat kepala Monarki kala itu seringkali menguasai wilayah kekuasaan yang luas beserta sumber daya alam yang melimpah. Ada yang menguasai seluruh daratan Eropa, Asia bahkan beberapa diantaranya sempat menaklukkan sepertiga luas dunia.

Namun untuk mengetahui siapa manusia terkaya sepanjang sejarah adalah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Pada beberapa kasus, ada sejumlah orang yang jumlah kekayaan yang sulit untuk diketahui mengingat harta harta mereka mungkin saja tertimbun debu sejarah atau hilang ditelan zaman. Selain itu sulitnya menaksir kekayaan mereka juga dipengaruhi oleh perbedaan kurs inflasi dan deflasi mata uang yang berubah-ubah sepanjang zaman sehingga untuk menentukan kekayaan Mereka cuma bisa ditentukan dengan perhitungan kasarnya saja.

Namun berdasarkan penelusuran sejumlah catatan riwayat, saat ini telah berhasil diketahui sejumlah individu yang hartanya tidak akan habis untuk 8 turunan. Berikut daftar 5 manusia terkaya sepanjang sejarah dunia.

John rockefeller kekayaan 371 miliar dolar Amerika
John rockefeller lahir pada tahun 1839 sebagai bagian dari keluarga rockefeller yang kaya raya alias tajir melintir. Di usianya ke-24 tahun ia sudah menginvestasikan sebagian kekayaannya di sektor Petroleum. Dia kemudian mendirikan standar koil pada tahun 1880 kemudian standar koil menjelma menjadi salah satu perusahaan pengelola Migas terbesar di dunia. Hingga pada puncak kejayaannya perusahaan itu menguasai 90% pasokan migas di seluruh Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil laporan, John rockefeller memiliki kekayaan senilai 1,5 miliar dolar Amerika berdasarkan kurs pada tahun 1918 dan jika disesuaikan dengan kurs di zaman sekarang kekayaan itu setara dengan 32 miliar dolar Amerika. Meskipun begitu aset John sebagai bagian dari keluarga rockefeller waktu itu mencapai sekitar 2% dari total produk domestik bruto Amerika Serikat atau sekitar 371 miliar dolar Amerika yang kalau disesuaikan dengan kurs di zaman sekarang atau bisa dibilang kekayaan John rockefeller empat kali kekayaan Bill Gates



Andrew Carnegie total kekayaan 389 dolar Amerika Serikat
Andrew lahir pada tahun 1835 di Skotlandia. Semasa kecilnya Andrew bersama keluarganya bermigrasi ke Amerika Serikat dan tinggal di Pittsburgh Pennsylvania. Karena berasal dari keluarga yang miskin Andrew bekerja keras membanting tulang sampai pada tahun 1892 Hendro berhasil mendirikan pabrik baja bernama cardeel.

perusahaan itu menjelma menjadi salah satu manufaktur baja terbesar di Amerika Serikat. Hingga pada tahun 1961 carnegie menjual perusahaan yang didirikannya senilai 480 juta dolar Amerika. Waktu itu harga karet still setara dengan 2,1% total produk domestik bruto Amerika Serikat dan jika disesuaikan dengan kurs di zaman ini hasil kekayaan andrew dari penjualan perusahaan tersebut berkisar 210 miliar dolar Amerika ditambah dengan jumlah harta pribadinya total kekayaannya mencapai 389 miliar dolar Amerika.

Jackob vugar total kekayaan 400 miliar dolar Amerika
Pria kaya ini lahir di Jerman pada tahun 1459. Keluarga Jacob menjalankan bisnis tekstil yang sangat sukses dan saat Jacob dewasa dia mengolah kekayaan keluarga dengan membuka usaha simpan pinjam kepada pejabat kekaisaran Romawi dan Kerajaan Spanyol. Karena dekat dengan sejumlah keluarga kerajaan Jackob diberi kesempatan untuk menandatangani kontrak pertambangan logam yang sangat menguntungkan.

Perikatan dengan keluarga monarki juga membuat pria kelahiran Oktober itu mampu menyingkirkan saingan bisnisnya pada puncak kejayaannya. Jacob dan perusahaan yang dikelolanya menjadi entitas monopolistik dan berperan sebagai pemasok tunggal logam dunia. Pada saat itu kekayaan Jacob juga mencapai 2% dari total produk domestik bruto bangsa Eropa kala itu, atau setara dengan 400 miliar dolar Amerika sesuai kurs di jaman sekarang.

Musa keita kekayaan 428 miliar dolar Amerika
Musa keita adalah mansa atau Sultan dari Mali Afrika dari tahun 1312 sampai dengan 1337. Waktu itu kerajaannya diketahui sebagai salah satu penghasil emas terbesar di dunia. Rudolf Where seorang Profesor sejarah University of Michigan mengatakan terdapat lukisan yang mana dikala itu ia memegang tongkat emas, diatas tahta emas dan memegang secangkir emas dengan mahkota emas di kepalanya. Bayangkan emas sebanyak itu dimiliki oleh seorang individu manusia dan berjumlah berlipat-lipat.

bahkan ada kisah yang menyebut kalau aktivitas belanja mansa Musa di suatu wilayah kerajaan asing mampu menyebabkan inflasi mata uang kerajaan itu secara mendadak. Diperkirakan total kekayaan mansa Musa mencapai 426 miliar dolar Amerika.

Agustus Caesar total kekayaan 4,75 triliun Dollar Amerika
Agustus merupakan kemenakan dan anak adopsi dari Julio Cesar pemimpin Romawi yang legendaris. Saat Julius Caesar dibunuh pada tahun 43 sebelum masehi, Agustus diangkat menjadi pewaris Tahta Julius Caesar. Saat dia berkuasa Agustus berhasil mengalahkan kekaisaran Roma Byzantium dan Mesir.Wilayah kekuasaannya mencaplok seluruh daratan Eropa Barat Mesir dan Mediterania dan jangan lupa juga seluruh sumber daya alam dan kekayaan kebudayaan wilayah itu juga turut menjadi milik Augustus Caesar dan pada puncak kejayaannya, kekayaan Agustus mencapai 4,75 triliun dolar Amerika dan menjadikannya manusia paling kaya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »