cara menghadapi tukang bully di sekolah

cara menghadapi tukang bully

Di setiap kelas terutama di sekolah, pasti saja ada tukang bully, alias orang yang suka meremankan diri dan sering melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat malu atau merugikan orang lain. Tak jarang pula terkadang kita bisa saja menjadi salah satu korban bully ntah itu karena kebetulan, ataupun karena memang saat itu kita masih berada dilevel yang lebih rendah dari si tukang bully contoh mudahnya saja adalah kakak kelas.

Persoalan bully membully memang tiada habisnya, bahkan pada kasus yang lebih gawat, bisa sampai mencelakakan orang yang di bully. Tentu semua orang tidak ingin di bully dan dipermalukan di depan orang lain. Nah oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa kawan-kawan lakukan jika melihat ada tanda-tanda orang yang membully sobat

Pertama adalah, anda tidak boleh lemah, lemah disini bukan berarti kuat dalam berkelahi, sobat tidak perlu emosi dalam menghadapi pmbully, namun sobat harus kuat, dalam artian memberikan perlawanan atas apa yang dilakukannya kepada sobat sebisa mungkin, bantah semua argument negative yang dia utarakan dengan tenang dan kata-kata yang cerdas. Ingat membela diri itu perlu, karena jika sobat hanya diam saja tanpa kuat dalam memberikan perlawanan, maka ia tidak akan pernah bosan untuk membully sobat.

Perbanyak pergaulan, disekolah orang yang mempunyai banyak teman dan agensi akan sulit dijadikan sasaran bully. Apalagi kalau sobat berteman dengan orang yang mempunyai gelar yang baik sebutcsaja seperti ketua osis, kakak kelas, ketua pramuka, dll. Ingat jangan jadi kuper, alias kurang pergaulan. Tentu kita wajib memilih teman yang baik-baik yang memberi pengaruh yang baik pula pada diri kita, namun kita juga tidak boleh menutup diri pada orang-orang yang mungkin kurang baik. Jika memang mereka adalah orang yang tidak baik untuk dijadikan teman, cukup bergaul dengan mereka secara biasa saja, tanpa menunjukkan rasa enggan berteman. Karena orang seperti mereka juga bisa saja membantu kita disaat situasi sulit.

Selain meningkatkan kualitas pergaulan dengan orang-orang yang berpengaruh di sekolah, sobat juga perlu meningkatkan kualitas diri sobat, baik dibidang ilmu pengetahuan, ataupun organisasi.  Orang yang memiliki kualitas diri yang baik akan lebih disegani dan jarang dibully.

Yang terakhir adalah, jika tidak ingin dibully maka jangan pernah melakukan bully pada orang yang anda anggap lebih lemah dari anda. Jika anda suka membully orang lain maka jangan salahkan juga dikalau ada orang yang membuly anda. Intinya jadilah pribadi yang baik pada orang lain sehingga orang lain juga akan memberikan prilaku yang baik pula kepada anda.

Namun jika memang orang yang membully tersebut sudah mewati batas meskipun telah kita peringatkan namun tetap saja melakukan tindakan membully, maka tentu saja kita harus mengambil tindakan yang lebih serius, yaitu melaporkannya kepada orang yang memiliki kekuasaan atas dirinya seperti, guru, kepala sekolah, maupun pihak yang berwajib.

Jika sahabat punya pengalaman tentang bully di sekolah maupun di tempat lain, dan punya solusi dalam menghadapi bully tersebut, silahkan berkomentar,,,

Semoga bermanfaat


Artikel Terkait

Previous
Next Post »