mengapa hidup terasa begitu sulit


Mungkin kawan saat ini sedang menghadapi berbagai masalah kehidupan, sehingga teman-teman sampai pada tulisan ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi jawaban dari pertanyaan pertanyaan kawan-kawan semua yang saat ini sedang menghadapi sulitnya kehidupan. Yang mungkin membuat teman-teman merasa frustasi galau, depresi dll.

Ketahuilah kawan, setiap orang pasti memiliki masalah hidupnya sendiri. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Hanya golongan anak-anak saja yang mungkin tidak terlalu punya banyak masalah kehidupan. Nah saat dewasa, manusia mulai bias berfikir, mulai bisa mencerna tentang sebuah arti kehidupan, sehingga disinilah masalah kehidupan mulai disadari.

Seberapa pun teman melihat indahnya suatu kehidupan seseorang, percayalah disana terdapat masalah-masalah kehidupan seperti yang teman-teman rasakan. Tidak ada tolak ukur mengenai seberapa rumitnya masalah kehidupan seseorang, namun yang menjadi hal penting adalah seberapa baiknya orang tersebut menghadapi masalah-masalah dalam kehidupannya.

Contoh sederhananya begini, ada orang miskin yang hidupnya melarat, tidak punya apa-apa, namun ia tetap tegar menjalani kehidupan sehari-harinya. Ia tetap bisa tersenyum bahagia Bersama orang-orang yang ia sayangi. Sebaliknya, ada orang-orang yang mungkin dipandang oleh banyak orang, terkenal, memiliki uang yang banyak, namun ia melakukan langkah bunuh diri. Dalam kehidupannya hanya ada senyum-senyum palsu, hanya ada cinta karena materi, hanya ada saying karena kedudukan, dan beginilah alasanya mengapa orang yang terlihat bahagia juga memiliki segudang masalah kehidupannya sendiri.

Oleh karenanya teman-teman sekalian, sebagai manusia yang hanya perlu kita lakukan adalah menguatkan kemampuan diri kita dalam menghadapi masalah-masalah kehidupan ini. Masalah kehidupan tidak akan pernah habis kawan. Setelah masalah yang satunya selesai, tentu bakal ada masalah baru lainnya yang akan menghampiri kehidupan ini. Terus semangat menjalani masalah hidup ini karena di sela-sela masalah tersebut selalu terdapat rasa manis yang akan membuat kita bahagia.

Tidak ada alasan teman-teman beranggapan bahwa masalah hidup kawan terasa begitu sulit, yang ada hanya kemampuan teman-teman dalam menghadapi masalah kehidupan yang belum baik. Ingat semua masalah yang kita hadapi adalah ujian yang memang harus kita lewati. Jangan pernah lari dari masalah tapi cobalah untuk selalu berusaha untuk menyelesaikannya.

Teruslah semangat, teruslah berfikir positif, teruslah berdoa, maka hidup kita akan selalu senang walaupun berbagai masalah akan menerpa. Ingat masalah jika kita hadapi secar bijak, maka akan menjadikan kita sebagai diri yang lebih kuat, dan diri yang lebih baik tentunya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »