Pengertian guru profesional


Apa yang dimaksud dengan guru professional, dan apakah perbedaan guru biasa dengan guru professional. Tentu pertanyaan seperti ini akan sering muncul bagi seseorang yang sedang menempuh dunia pendidikan. Sebelum kita kaji lebih dalam ada baiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan professional.

Berdasarkan uu no 14 tahun 2005 Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

Dengan begitu guru profesional adalah guru yang memiliki keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu yang memerlukan pendidikan profesi. Guru profesional juga dapat dikatakan sebagai guru yang mampu menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang meliputi merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi proses belajar mengajar.

Jika kita jabarkan kebih rinci maka yang dimaksud guru profesional adalah guru yang:

1. Menguasai materi pelajaran secara baik dan benar.
2. Mampu memanajemen kelas
3. Memahami pesikologi atau kejiwaan siswa
4. Memiliki hubungan yang baik dengan siswa
5. Dapat menjadi panutan yang baik
6. Mengerti tentang aturan kurikulum
7. Memiliki skil komunikasi yang baik

Dan masih banyak lagi. Intinya, guru profesional adalah guru yang memiliki keahlian khusus dalam mendidik, sehingga ia dapat menjalankan tugasnya dengan baik pula.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »