cara menghadapi siswa yang bodoh


Manusia terlahir dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan ada yang tinggi ada yang pendek, ada yang pintar ada yang bodoh, ada yang rajin ada yang malas dll. Begitu pula dengan murid, tentu kemampuan berfikirnya pun juga tidak sama, ada yang pintar ada yang sedang ada yang lamban. Nah masalah ini tentu wajib dihadapi dan dikendalikan oleh guru agar semua pengajaran dapat dipahami oleh semua siswa termasuk kepada siswa yang lamban.

Nah berikut ada beberapa solusi agar guru dapat mengajarkan ilmu kepada siswa yang kurang pintar atau bodoh.

1. Memisahkan kelas
Nah sebelum memulai pengajaran, ada baiknya setiap sekolah melakukan placement test yang mana hal ini dapat menentukan kelas seuai dengan kemampuan berfikir siswa. Sehingga siswa yang kurang pintar tidak akan terlalu jauh ketinggalan jika digabungkan dengan siswa yang pintar.

2. Memberikan motivasi semangat belajar
Memang ada sebagian siswa yang sekali baca sudah langsung dapat menjawab soal dengan mudah. Siswa ini tentu dikategorikan sebagai siswa pintar. Nah bagaimana jika guru menghadapi siswa yang bodoh, tentu cara yang terbaik adalah memberikan motivasi belajar, karena banyak penelitian yang percaya bahwa latihan otak dapat meningkatkan kecerdasan walaupun bawaannya lamban tapi kalau dilatih tentu akan terjadi peningkatan yang tinggi.

3. Menyesuaikan pada cara pengajaran
Walaupun materi yang diajarkan sama namun jika siswa yang dihadapi guru berada pada tingkat kecerdasan rendah, maka hendaknya guru melakukan pengajaran yang lebih perlahan, dan disertai dengan penjelasan yang lebih mendetail. Bahkan hendaknya dilakukan pengulangan-pengulangan hingga siswa tersebut mengerti.

4. Meminta les tambahan
Jika siswa dikhawatirkan tidak mampu mengikuti pelajaran yang diajarkan, maka guru dapat mengusulkan pada wali siswa untuk mengikuti les tambahan diluar jam belajar, agar dapat mengejar ketertinggalan.

5. Mengusulkan sekolah khusus
Nah jika usaha-usaha telah dilakukan namun siswa dirasa membang tidak mampu mengikuti pelajaran, maka cara terbaik adalah dengan memasukkan siswa tersebut ke sekolah khusus, atau sekolah luar biasa dimana ia akan dibimbing secara khusus menurut kemampuannya.

Nah demikianlah cara-cara guru dalam menghadapi siswa yang bodoh atau kurang pintar. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »