trik sukses menjalani kuliah

kuliah dan sukses

Kuliah merupakan suatu momen yang sangat menyenangkan dan berkesan dalam hidup. Walaupun demikian kuliah bukan berarti mudah. Banyak mahasiswa lantaran putus kuliah karena bermacam alasan. Walaupun kesuksesan tidak bisa langsung ditentukan melalui kuliah, namun jika anda kuliah dengan baik, peluang kesuksesan pun akan semakin besar. Berikut beberapa tips yang perlu anda lakukan agar sukses dalam menjalani perkuliahan;

Rajinlah masuk kelas, saat kuliah masuk atau tidak masuk adalah hak anda. Dosen tidak seperti guru disekolah yang memperhatikan anda jika tidak masuk. Saat kuliah anda dianggap sudah dewasa sehingga anda dituntut untuk lebih mandiri, termasuk mengatur sendiri dalam berdisiplin masuk kelas. Ingat kelas adalah tempat dimana anda belajar, berkembang, dan bertemu dengan mahasiswa lain. Jadi jangan sia-siakan itu hanya karena anda malas bangun dsb.

Carilah pembimbing yang tepat bagi anda di kalangan dosen-dosen. Dekati mereka dan sering-sering meminta bantuan pada mereka jika ada keerluan. Ingat hubungan mahasisiwa ke dosen itu penting, Karena dalam perkuliahan anda sepenuhnya membutuhkan dosen bukan dosen yang butuh anda.

Buatlah jadwal belajar anda sebagai kegiatan rutin. Tentu belajar di kelas yang hanya beberapa jam tidaklah cukup, anda diwajibkan untuk belajar secara individu di luar kuliah. Biasanya dosen akan memberikan anda buku paduan belajar yang wajib anda kuasai. Jadi silahkan tentukan jam dan tempat belajar anda baik dirumah, di perpustakaan, taman kampus dll. Agar lebih seru anda juga bisa belajar bersama teman saat tidak ada kelas.

Dalam kuliah jangan lupa berlatih menulis dengan baik. Karena perkuliahan tidak hanya menuntut anda menguasai ilmu mata kuliah, tetapi anda juga harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Ingat saat akhir perkuliahan anda akan dituntut untuk menulis skirpsi atau membuat penelitian. Jadi dari awal biasakanlah menulis.

Fokuskanlah diri anda untuk mencari ilmu bukan nilai yang tinggi karena jika anda fokus mencari ilmu anda juga akan mendapat nilai yang bagus, sebaliknya jika anda fokus mengejar nilai maka bisajadi hanya nilai saja yang anda dapat selama perkuliahan.

Selain mengejar akademis, jangan lupa pula mengikuti organisasi-organisasi kampus yang anda sukai. Namun ingat jangan berlebihan dalam berorganisasi dan lupa akan tujuan utama kuliah anda. Ingat intinya harus pandai mengontrol waktu secara baik sehingga kuliah jalan organisasi pun jalan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »