cara memilih jurusan kuliah


Ketika masa-masa SMA mendekati akhir, maka tentu saja banyak dari kita yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Walaupun ada sebahagian dari kita ingin langsung terjun ke dunia kerja, namun tentu saja kebanyakan ingin merasakan masa-masa perkuliahan. Alasannya pun beragam, ada yang kuliah karena memang ingin menuntut ilmu, ada yang kuliah agar mudah mencari pekerjaan yang lebih baik, ada pula yang kuliah karena ingin bertemu dengan orang-orang baru. Namun banyak dari kita yang masih bingung dan tidak tau ingin kuliah di jurusan apa. Ingat memilih jurusan kuliah tidak boleh asal, karena akan menentukan masa depan kita. Oleh karenanya berikut beberapa point penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih jurusan saat kuliah nanti.

1. Minat dan bakat
Hal yang perlu diperhatikan adalah minat dan bakat yang ada pada diri kita. Ada hal yang mungkin mudah kita lakukan namun sulit dilakukan orang lain. Sebagai contoh mungkin kita dengan mudah duduk di depan komputer dalam waktu lama tanpa bosan, padalah rata-rata orang merasa bosan berada di depan komputer berjam-jam. Nah dari sini tentu kita dapat simpulkan bahwasanya bias jadi kita memiliki minat di bagian komputer. Oleh sebab itu hal ini bisa jadi bahan pertimbangan kita untuk mengambil jurusan IT misalnya.

2. Peluang kerja
Saat selesai kuliah, ada banyak sekali pengangguran di luar sana. Salah satu alasannya karena minimnya lowongan pekerjaan yang meminta lulusan dari jurusan tersebut. Oleh karena itu anda harus jeli dan melihat kedepannya kira-kira jurusan apakah yang banyak dicari dan akan terus dibutuhkan.

3. Akreditasi
Jangan asal kuliah. Salah satu penyebab para lulusan sarjana tidak dapat pekerjaan karena akreditasi kampus ataupun bidang studi yang dipilih rendah. Oleh karena itu pastikan tempat kuliah yang dipilih sudah memiliki akreditasi yang baik, umumnya lowongan pekerjaaan meminta akreditasi minimal B.

4. Biaya
Biaya sekolah dengan kuliah sangat jauh berbeda. Di beberapa jurusan biaya kuliah mungkin sampai puluhan bahkan ratusan juta. Oleh sebab itu pastikan anda ataupun orang tua mampu dengan biaya beban perkuliahan di kampus. Itulah salah satu alasan mengapa umumnya orang memilih kuliah di universitas negeri, karena selain biaya yang murah, kualitas pun juga terjamin.

5. Status Universitas
Pilihlah universitas yang memiliki kualitas yang baik, usahakan untuk lulus di perguruan tinggi negeri. Alasannya sangat banyak para perusahaan yang tertarik dengan lulusan universitas terbaik, bahkan banyak perusahaan yang menjalin kerjasama dengan universitas-universitas yang menghasilkan lulusan berkualitas.

Itulah beberapa point-point penting yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih jurusan kuliah. Semoga bermanfaat.  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »