Cara bisa berbicara dalam bahasa inggris

6/29/2021


Sebagai bahasa internasional, kemampuan berbicara bahasa inggris menjadi hal yang sangat penting. Banyak perusahaan-perusahaan besar seperti BUMN yang mensyaratkan kemampuan berbicara bahasa inggris yang baik. Nah kemampuan bahasa itu sendiri ada dua macam, yaitu ada yang aktif dan ada pula yang pasif.

Bahasa inggris pasif adalah orang yang bisa berbahasa inggris dalam bentuk bacaan misalnya, tetapi sulit untuk bisa aktif berbicara. Nah bahasa inggris yang aktif itu dia bisa keduanya. Jadi tipe aktif inilah yang banyak dicari oleh banyak orang.

Untuk mampu berbicara dengan lancar dalam bahas inggris, tentunya diperlukan waktu dan usaha. Harus diakui bahwa, cara paling mudah untuk bisa lancar berbicara bahasa inggris itu adalah dengan tinggal di negara yang  berbahasa inggris itu sendiri.

Namun jangan khawatir. Walaupun kita tinggal di indonesia kita tetap bisa untuk mampu berbahasa inggris yang lancar. Asalkan diiringi dengan usaha keras dan doa tentunya. Nah untuk itu berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mampu berbicara dalam bahasa inggris.

Yang pertama itu kamu harus membangun kosa kata terlebih dahulu. Ini merupakan bagian yang paling vital agar bisa berbicara bahasa inggris. Kalau diibaratkan, kosa kata itu seperti layaknya tiang sebuah bangunan. Tanpa adanya kosa kata yang cukup, tentu kita akan kesulitan untuk bisa berbicara bahasa inggris. Cara untuk membangun kosa kata itu sendiri bisa dari sering membaca, meghafal ataupun dengan membiasakan mendengarkan bahasa inggris yang dibantu dengan terjemahan.

Yang ke dua adalah kamu harus latihan membangun ide dalam mengungkapkan sebuah bahasa. Cara gampangnya kamu bisa mencoba untuk menulis dalam bahasa inggris. Cara ini akan membantu kamu dalam melatih membuat ungkapan atau gagasan dalam bahasa inggris yang nantinya akan kamu gunakan dalam berbicara tentunya.

Selanjutnya kamu juga harus sering berbicara dalam bahasa inggris. Latihan untuk meningkatkan speaking atau kemampuan berbicara itu tidak cukup dengan hanya menulis. Namun yang penting tentunya adalah kemapuan berbicaranya itu sendiri.

Untuk latihan berbicara sendiri bisa kalian lakukan bersama teman yang juga sedang belajar, atau sendirian pun juga bisa dengan merekam pembicaraan kamu sendiri lalu di dengan sendiri dan dicari mana kira-kira yang kurang bagus atau tidak tepat.

Harus diketahui bahwa ejaan dalam bahasa inggris itu terkadang berbeda dengan ejaan bahasa indonesia. Bisa saja kamu tau bagaimana dalam menulis suatu kata, tapi kamu sulit untuk mengucapkannya. Nah untuk mengetahui cara-cara pengucapan dalam bahasa inggris itu kamu bisa dapatkan dengan mendengar pembicaraan orang dalam bahasa inggris. Mungkin bisa dari youtube, film, podcast dll.

Terakhir jika kamu ingin berbicara secara formal, maka sangat disarankan juga untuk belajar grammar bahasa inggris yang baik dan benar. Karena kalau formal itu tidk cukup hanya membuat orang mengerti, tapi kamu juga harus menggunakan kata kata kalimat yang tertata sesuai aturan kebahasaan.

Demikianlah mungkin sedikit cara yang dalam dilakukan dalam meningkatkan kemampuan speaking atau berbicara dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon