cara meningkatkan kemampuan writing ielts

6/30/2021


Salah satu sub tes dalam IELTS yang paling sulit untuk di lewati adalah tes writing. Alasannya tentu sederhana karena saat writing kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dalam bahasa, tetapi kemampuan untuk menciptakan ide pun harus kita miliki. Contoh sederhananya begini, kalau kita disuruh mengarang dalam bahasa indonesia tentu kita perlu menciptakan ide. Walaupun kita sudah sangat bisa bahasa indonesia tapi tentu kita juga harus berfikir jika disuruh mengarang sesuatu.

Selain itu dalam writing IELTS kita akan dituntut mengerjakannya dalam batasan waktu tertentu ditambah dengan batasan minimum kata yang harus kita capai. Disinilah terkadang orang sering gagal pada subtes writing ini. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang sebaiknya kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan writing di tes IELTS.

Pertama, kalian harus membiasakan menulis. Bagaimana caranya? Kalian bisa membuat diari atau tulisan harian kalian dalam bahasa inggris atau kalau ingin lebih mudahnya, kalian juga bisa membuat blog bahasa inggris untuk kalian tulis setiap harinya. Ini sangat penting karena akan membuat kalian terbiasa saat menulis nantinya. Jadi jika sudah terbiasa menulis kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan ide saat ujian nanti. Sangat sering orang mengeluh mereka kehabisan ide saat ujian sehingga tidak tau ingin menulis apa lagi sampai waktu tesnya habis.

Yang kedua, kalian harus banyak membaca. Membaca dan menulis sangat memiliki keterkaitan yang sangat kuat. Jadi kalau dalam istilah, membaca itu adalah input sedangkan menulis adalah ouputnya. Jadi untuk bisa menciptakan output kita harus mendapatkan input terlebih dahulu. Kalau di ilustrasikan sebelum tangki mengeluarkan isinya, maka ia harus terlebih dahulu di isi. Bagaimana mungkin kita bisa menulis tentang tata surya kalau membaca atau mendengar tentang tata surya saja belum pernah. Begitu lah kira-kira gambarannya.

Kalau yang pertama kalian menulis dalam keadaan suka-suka misalnya di blog atau di buku di diari, nah poin yang satu ini kalian harus membiasakan diri menulis seperti layaknya di ujian. Sering-seringlah berlatih menulis dengan menggunakan topik yang sudah di tentukan di tes IELTS. Karena menulis bebas dengan menulis dengan topik yang di tentukan akan beda tentunya. Untuk itu penting kalian berlatih menulis dengan topik di sertai juga batasan waktu dan target minimal kata.

Untuk tips yang terakhir, jangan lupa perkuat kemampuan grammar dan spelling kalian. Berbeda dengan speaking kalau di writing kita harus benar bagaimana penulisan suatu kata misalnya saja ketika ingin menulis handsome malah tertulis hensome tentu ini akan salah di writing. Jadi sering-seringlah berlatih spelling dan grammar jangan sampai salah ya kawan-kawan.

Itulah mungkin beberapa tips yang bisa saya share mengenai trik untuk meningkatkan kemampuan menulis di tes IELTS. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon