Possessive adjective dan possessive pronoun

7/14/2021


Sesuai namanya possessive yang artinya kepemilikan, maka pronoun ini memang berfungsi untuk menyatakan kepemilikan. Yang paling umum mungkin pasti kalian pernah mendengar kata my. My artinya adalah milik saya yang mana ini merupakan salah satu contoh dari possessive adjective. Dalam bahasa inggris terdapat dua cara untuk menggunakan kata ganti sebagai maksud dari suatu kepemilikan. Kita bisa menggunakan dengan possessive adjective atau bisa juga dengan possessive pronoun. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel berikut ini.


Possessive adjective Possessive pronoun Arti
My Mine Punya saya
Your Yours Punya kamu
His His Punya dia laki-laki
Her Hers Punya dia perempuan
Its Its Kepunyakan suatu hewan/benda
Our Ours Punya kita
Their Theirs Punya mereka
Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menggunakannya. Dalam penggunaanya, possessive adjective membutuhkan kata benda di belakangnya, sedangkan possessive pronoun tidak. Perhatikan contoh dibawah ini:

1. This is my computer
2. This is mine

Pada contoh kalimat nomor satu kita menggunakan possessive adjective yaitu my sehingga perlu kata benda di belakangnya yaitu computer.
Sedangkan contoh nomor dua kita menggunakan possessive pronoun, sehingga tidak perlu menambahkan kata benda lagi di belakangnya cukup mine saja.

Possessive adjective ditambahkan kata benda Possessive pronoun
My computer Mine
Begitulah kira-kira cara mudah bagaimana kita menggunakannya, contoh lainnya misalnya:

Possessive adjective Possessive pronoun
I like her car
Andi hates your sister
I like hers
Andi hates yours
Nah sangat jelas kan perbedaanya. Jadi kedua bentuk di atas sebenarnya maknanya sama saja. Cuma kalau mau pakai possessive pronoun pastikan lawan bicara kalian sudah tau benda yang kita maksud jadi tidak terjadi kesalah pahaman. Karena kan kalau pakai possessive pronoun bendanya tidak di ucapkan lagi.

Begitulah cara mudah menggunakan kata ganti possessive adjective dan possessive pronoun. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan langsung di kolom komentar.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon