Cara meningkatkan kemampuan listening

7/15/2021

Cara meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris



Dari 4 aspek penting dalam bahasa inggris yaitu speaking, reading, writing dan listening, menurut saya listening adalah bagian yang paling mudah untuk di pelajari. Mengapa demikian, karena belajar nya bisa sambil santai-santai dan bahkan bisa sambil tiduran. Ada beberapa cara yang menyenangkan untuk dilakukan agar listening kita meningkat, silahkan simak cara-cara berikut ini.

  • Nonton Film

Nonton film dalam bahasa inggris sangat dapat membantu kita dalam meningkatkan kemampuan listening. Caranya adalah, pilih film kalian sukai dan dengarkan secara seksama apa yang mereka ucapkan. Kalau film yang ber genre umum masih sangat susah kalian pahami, kalian bisa mulai dengan film animasi atau film anak-anak.

  • Dengarkan Youtube

Di youtube banyak sekali video-video yang menari yang dapat kita lihat. Carilah video kesayangan kalian dalam bahasa inggris dan dengarkan sambil dipahami pembicaraan mereka.

  • Nonton podcast

Banyak sekali podcast  podcast yang menarik yang dapat kalian temukan di internet, ini sangat membantu kalian untuk membiasakan diri mendengarkan wawancara dalam bahasa inggris. Plus listening dengan jenis seperti ini lumayan sering muncul dalam tes bahasa inggris seperti IELTS atau pun TOEFL.

  • Dengarkan audiobook

Banyak situs-situs yang menyediakan audiobook gratis di internet, silahkan di download audio book yang kalian sukai, dan dengarkan dalam keadaan santai, misalnya saat duduk-duduk ataupun bisa juga saat mau tidur.

  • Latihan langsung dengan audio IELTS atau TOEFL

Jika kalian membeli buku TOEFL atau pun IELTS biasa kalian akan diberikan audio listening untuk latihan. Sebaiknya kalian juga harus mendengarkan listening langsung seperti layaknya tes asli, agar kalian bisa terbiasa dan lebih familiar dengan tes kedepan nya.

Jadi itulah tips-tips yang bisa kalian coba untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa inggris kalian. Semoga berhasil dan lebih semangat belajar bahasa inggris nya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon