blogger atau wordpress

8/29/2021


Ketika ingin membuat blog, biasanya orang akan sedikit bimbang dan gundah untuk memilih antara blogger atau wordpress. Dua platform terkenal ini memang menjadi idola bagi para blogger sebagai wadah untuk menulis. Faktanya masing-masing platform ini memiliki keunggulannya masing-masing. Nah untuk itu mari sama-sama kita bahas  apa tentang kelebihan dan kekurangan antara blogger dan wordpress.

  • Keunggulan Blogger

Keunggulan blogger yang paling utama menurut saya adalah hampir semua fiturnya gratis. Kita tidak perlu membeli hosting karena blogger sudah langsung menyediakannya secara gratis. Paling hanya butuh domain jika memang ingin mempunyai alamat web sendiri. Dari segi keamanan blogger jangan diragukan lagi. Karena hosting kita berada di bawah google jadi hacker akan sangat susah membuat web kita down, kecuali mereka sudah berhasil menghancurkan blogger itu sendiri. 

Selain itu blogger terkesan lebih sederhana daripada wordpress sehingga para pemula mungkin akan lebih disarankan untuk menggunakan blogger terlebih dahulu.

  • Keunggulan wordpress

Kelebihan yang dimiliki wordpress ketimbang blogger adalam dari banyaknya fitur yang di sediakan oleh wordpress. Misalnya wordpress bisa kita custom sesuka hati, bisa kita hilangkan fitur tanggal yang ada pada link, sehingga artikel lama pun bisa tidak ketahuan oleh para pembaca. Tersedianya banyak fitur pun menjadi keunggulan bagi wordpress misalnya, sudah tersedianya fitur AMP pada wordpress yang membuatnya menjadi lebih cepat ketika di akses oleh mobile. Selain itu orang yang menggunakan wordpress menurut saya akan lebih terkesan professional.

Nah, dari penjabaran di atas, yang perlu di ingat adalah kedua platform ini baik itu blogger maupun wordpress punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau teman-teman adalah seorang pemula, saya sarankan untuk menggunakan blogger karena selain fiturnya lebih simple, biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih hemat dan murah. Sebaliknya, jika teman-teman adalah seorang blogger handal yang mungkin mengerti banyak mengenai bahasa html, sql, xlm dan sebagainya, mungkin wordpress adalah pilihan yang baik bagi teman-teman sekalian, karena selain fiturnya lebih lengkap, wordpress juga lebih terkesan professional dan terdapat banyak plugin untuk optimasi SEO.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon