berapa lama butuh waktu belajar bahasa inggris

7/04/2022


Selain menjadi tuntutan jaman now, bahasa inggris juga merupakan suatu kebutuhan bagi orang-orang tertentu baik itu pelajar, pegawai, pekerja dan sebagainya. Nah dengan alasan ini banyak orang yang berniat untuk mulai belajar bahasa inggris. Setelah membulatkan tekat untuk mulai  belajar mungkin ada yang bertanya-tanya sebenarnya belajar bahasa inggris perlu berapa lama sih. Nah mari sama sama kita kupas persoalan tersebut.

Jika kita bagi, dalam bahasa inggris juga ada berbagai macam level. Tidak cuma di game aja coy, di bahasa pun juga ada level. Ada yang di level beginner, intermediate, lanjut ke upper intermediate, kemudian baru ke level good user, advance dan expert alias pro. Nah mengapa saya membahas level, karena tingkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai level tersebut berbeda beda. Untuk mencapai level beginner tentu lebih mudah dari pada level pro. Semakin tinggi target kemampuan bahasa inggris yang ingin anda capai maka semakin lama waktu belajar yang anda butuhkan.

Selanjutnya, hal lain yang berpengaruh dalam waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa inggris juga tergantung dari level anda saat ini. Jika saat ini kemampuan bahasa inggris yang anda miliki adalah very basic alias belum tau apa-apa dalam bahasa inggris, cuma hafal angka 1 sampe 10 dan huruf abjad juga masih belum terlalu hafal, maka jika ingin mencapai level good user dibutuhkan waktu yang bertahun-tahun.

Sebaliknya jika kemampuan kamu sudah pada level intermediate atau sudah di level menengah, sudah tau dasar-dasar sudah bisa ngomong walaupun masih pakai irama khas indo, maka survei mengatakan butuh waktu sekitar 12 bulan untuk mencapai good user. Nah pasti timbul pertanyaan, lantas kalau kita ingin mencapai level pro alias advance atau expert gimana ya, nah untuk kategori ini saya belum mampu menjawabnya karena saya sendiri masih belum sampai pada level ini. Orang-orang yang mencapai level tersebut biasanya dibantu dengan lingkungan yang mendukung, misalnya tinggal di negara yang berbahasa inggris, ataupun orang-orang dari kalangan akademisi yang bertahun tahun menekuni bidang bahasa inggris.

Bahkan orang bule saja atau native speaker belum tentu semua bisa mencapai level advace atau expert ini. Coba aja lo pikir-pikir kira-kira apakah bahasa indonesia lo udah seahli para pakar bahasa. Tulisan blog ini aja kalau diliat sama guru bahasa indonesia pasti banyak salahnya wkwkkwk. Nah begitulah mengapa saya katakan untuk para pelajar seperti kita sebaiknya target kan level good user dulu, paling enggak dengan level ini kalian udah bisa keluar negeri lah, ngomongnya juga udah enak dan gampang dimengerti.

Namun apakah kita tidak boleh menargetkan untuk pro dalam bahasa inggris? tentu saya jawabannya tidak, jika memang sudah merasa siap dan level nya sudah berada di upper intermediate atau good user, tentu hal ini sangat baik untuk kita terget kan. Namun tentu saya waktu yang di perlukan bisanya lebih lama dan perlu ketekunan yang lebih.

Terlepas dari waktu 12 bulan yang saya berikan, tentu saja ada pengaruh lainnya yang dapat merubah perkiraan ini, misalnya ketekunan anda, banyaknya jam belajar anda, kecerdasan IQ anda, dan tentu saja seberapa besar motivasi anda. Namun yang saya jamin adalah, jika anda benar-benar tekun dan rajin belajar bahasa inggris dalam waktu 12 bulan, maka peningkatan kemampuan yang anda rasakan akanlah sangat signifikan. Dulunya pas dengar lagu barat cuma menikmati iramanya saja, sekarang anda sudah bisa terlarut dengan makna di dalam lagu-lagu barat tersebut.

Untuk itu teruslah belajar dan rasakan perubahan dahsyatnya, setelah 12 bulan. Jika berniat silahkan bisa juga mulai belajar di blog saya di sini. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon