kekurangan belajar secara online

7/16/2022


Setelah pandemi covid 19, saat ini sudah banyak metode pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online. Hal ini terjadi karena saat pandemi corona menyerang banyak sekolah yang harus tutup dan pembelajaran pun harus dihentikan. Nah dari sini muncul lah ide untuk membuat suatu metode pembelajaran jarak jauh yang menggunakan jaringan internet. Walaupun pembelajaran secara online memiliki keuntungan yang mana bisa dilakukan di mana saja, namun ternyata metode pembelajaran online juga memiliki beberapa kekurangan berikut.

1. Kurang lancarnya interaksi di dalam kelas

Walaupun saat ini beberapa aplikasi online sudah menyediakan sistem interaksi antar kelas, namun interaksi yang terjadi tidaklah sebaik interaksi di dalam kelas langsung. Ketika kelas online di  laksanakan interaksi akan susah terutama jika interaksi di lakukan lebih dari 2 orang. Pembicaraan bisa saja menjadi kacau dan bahkan peserta kesulitan untuk harus mendengarkan yang mana.

2. Lebih mudah bosan

Harus kita akui belajar di rumah dengan menatap layak komputer ataupun hp setiap hari tentu akan membuat kita merasa jenus. Manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial secara langsung. Dan ini mengapa saat kita sekolah kita akan merasa senang karena selain dari belajar kita juga akan bersosialisasi dengan teman-teman yang lainnya.

3. Peluang terjadinya kecurangan saat penilaian meningkat

Untuk mencegah terjadinya kecurangan dengan sistem online, akan membutuhkan pembiayaan yang lebih banyak, kita membutuhkan beberapa kamera karena kita tidak bisa mengawai mereka secara langsung. Selain itu kita juga membutuhkan tim untuk mengawasi masing-masing siswa saat sedang melaksanakan evaluasi ataupun penilaian.

4. Akan sulit untuk melakukan beberapa metode pembelajaran seperti di dalam kelas

Kalau di dalam kelas langsung kita bisa meminta siswa untuk belajar secara kelompok, masuk ke lab, mengambil sampel langsung dari lingkungan, maka di dalam sistem pembelajaran online hal ini akan lebih sulit untuk dilakukan. 

5. Semua bergantung pada koneksi internet

Fakta nya, tidak semua orang tinggalnya di kota dan tidak semua orang juga memiliki akses internet yang memadai. Di daerah perkampungan mungkin banyak orang yang tidak bisa melaksanakan sistem belajar secara daring karena koneksi internet yang tidak stabil ataupun mungkin memang tidak ada sama sekali.

Nah itulah mungkin beberapa kekurangan dan masalah pembelajaran secara daring alias online yang pernah saya rasakan, jika kawan-kawan merasa ada permasalahan lainnya,silahkan share di kolom komentar untuk kita bahas bersama.

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon