penyebab anda menjadi pengangguran


Setelah selesai sekolah, baik itu sekolah menengah atau perguruan tinggi, maka akan tiba di mana kita harus menghadapai yang namanya dunia kerja. Banyak orang mengatakan bahwa dunia kerja adalah dunia dimana persaingannya begitu ketat. Ya mungkin perkataan tersebut ada benarnya, karena melihat dari fakta bahwasanya di Indonesia sangat lapangan pekerjaan sangatlah sempit sedangkan para pelamar pekerjaannya sangatlah banyak.

Mengapa hal ini dapat terjadi? salah satunya yaitu karena kurangnya kreatifitas sumber daya manusia itu sendiri. Mereka enggan bekerja secara mandiri. Enggan membangun usaha sendiri dan mereka cenderung lebih memilih untuk bermain aman, yaitu dengan bekerja sebagai karyawan yang gajinya biasa-biasa saja.

Lantas bagaimana agar kita bisa mendapatkan perkerjaan yang layak. Ya, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin menjadi salah-satu penyebab anda tidak kunjung mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

1. Tidak ingin mengembangkan diri
Jika anda ingin bekerja di dalam suatu perusahaan maka anda harus memiliki skill dan kemampuan yang dapat digunakan oleh perusahaan. Jika anda tidak berusaha untuk mengembangkan diri, mana mungkin anda punya skill yang baik. Tanpa skill yang baik mana mungkin perusahaan ingin memilih anda sebagai karyawannya. Oleh sebab itu selalu gunakan waktu anda untuk mengembangkan diri dan pengetahuan anda, baik dengan membaca buku, mengukuti kursus, les Bahasa asing, maupun skill penunjang lainnya.

2. Terlalu pilih-pilih
Terkadang ada orang yang terlalu pilih-pilih, ingin langsung kerja dengan jabatan yang tinggi dan posisi yang nyaman. Perlu diketahui, sebagai pemula kita harus memulai sesuatu dari dasar, begitu juga dengan pekerjaan. Jika baru tamat dan belum memiliki banyak pengalaman ataupun skill, maka jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan hanya karena gengsi. Mulai lah bekerja dari dasar hingga seiring berjalannya waktu anda akan terus berkembang dan mendapatkan posisi yang anda impikan.

3. Malas
Bukannya mencoba melempar lamaran, mencoba membangun usaha, malah asik malas-malasan. Pekerjaan tentu saja tidak dating kepada anda, namun andalah yang harus mencari peluang pekerjaan itu. Kalau anda malas, mencari kerja, jangan pernah berharap anda mendapatkan pekerjaan, karena ada jutaan pesaing anda yang mencoba mati-matian demi mendapatkan pekerjaan.

4. Cuma berharap jadi PNS
Jangan hanya berharap untuk jadi pns. PNS itu sangat jarang dibuka, dan tidak setiap tahun dibuka. Lagipula gaji seorang pns pun juga pas pasan. Beda dengan pengusaha sukses, yang memiliki kekayaan yang berlimpah, bisa memperkerjakan orang lain, dan membantu orang banyak. oleh karena itu jangan terlalu focus menjadi pns, karena masih banyak pekerjaan yang lebih menjanjikan dibandingkan pns.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »