teman yang perlu dijauhi


Percaya atau tidak, watak seseorang dapat dilihat dari kepada siapa ia berteman dan siapa temannya. Orang berteman karena memiliki kecocokan individual. Seorang teman akan saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Itulah mengapa umumnya sifat seseorang itu tidak berbeda jauh dari sifat temannya. Jika kita ingin meningkatkan kualitas diri dan hidup, tentu saja kita membutuhkan pengaruh yang lebih baik. Pengaruh yang mengarah ke arah positif. Sebagai makhluk social salah satu pengaruh yang paling kuat adalah pengaruh dari orang yang berada di sekitarnya. Oleh sebab itu memilih teman yang dapat mempengarhu kita ke arah positif adalah hal yang sangat-sangat penting.

Agar tidak terjerumus ke dalam pengaruh orang-orang yang buruk, ada beberapa ciri-ciri teman yang sebaiknya dijauhi. Dijauhi di jauhi disini bukan bearti memutus hubungan secara total, namun lebih ke arah menjaga jarak agar tidak terpengaruh ke arah-arah yang negarih. Berikut adalah beberapa point-point tentang kriteria teman yang sebaiknya dijauhi.

1. Teman yang suka menceritakan hal buruk orang lain.
Teman seperti ini sebaiknya dijauhi. Orang-orang ini akan selalu menceritakan keburukan orang di depan kita. Tapi taukan bahwa orang seperti ini biasanya juga akan menceritakan keburukan kita di hadapan orang lain.

2. Teman yang senang melihat orang lain susah
Orang yang senang melihat orang lain susah, dan biasanya susah melihat orang lain senang adalah ciri bahwa orang tersebut memiliki sifat buruk yaitu dengki. Jangan sampai sifat ini menular kepada anda.

3. Teman yang hanya ada diwaktu senang.
Semua orang akan ingin menjadi teman anda di saat anda punya banyak uang, punya jabatan yang hebat, punya kedudukan, di sini semua orang akan berusaha menjadi teman anda. Tapi taukan anda saat anda susah orang-orang tersebut akan hilang. Nah orang seperti ini tidak pantas untuk dijadikan teman. Teman adalah seseorang yang selalu ada disaat anda susah maupun disaat anda sedang hebat.

4. Teman yang memanfaatkan anda
Entah karena anda punya suatu kelebihan, ada beberapa orang yang pura-pura ingin mendekati anda karena hanya ingin memanfaatkan anda. Namun ketika anda meminta bantuan kepadanya dia akan hilang saat itu juga. Jauhi orang yang seperti ini karena anda akan rugi dan ia akan terus memanfaatkan anda.

5. Teman yang suka mengeluh
Saat kita sudah merasa senang, pasti aja ada hal yang dia keluhkan, ada saja hal yang kurang. Orang-orang yang seperti ini tidak pantas dijadikan teman karena akan memberikan energi negatif kepada kita dan membuat kita tidak bersyukur dan merasa bahagia.

6. Teman yang negatif
Ada orang yang selalu melihat segala sesuatu dari sisi negatif. Ia selalu murung dan sedih. Ketika berteman dengan orang seperti ini maka secara tidak sadar kita akan terpengaruh untuk berfikir seperti itu. Oleh karenanya jauhilah orang-orang yang seperti ini.

7. Teman yang suka berdusta
Sosok seorang teman adalah tempat dimana kita saling berbagi, saling menjaga rahasia, saling peracaya. Lantas bagaimana dengan teman yang suka berdusta. Tentu saja orang seperti ini akan susah menjaga amanah dan susah dijadikan sebagai orang yang dipercaya. Oleh sebab itu agar tidak kecewa maka pilihlah teman yang jujur dan dapat dipercaya bukannya sebaliknya.

Itulah beberapa ciri-ciri dari seorang teman yang perlu kita hindari agar kita tidak mendapatkan pengaruh buruknya. Semoga kita selalu dikelilingin dengan teman-teman yang baik dan selalu dapat memberikan pengaruh yang baik pula.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »