Keuntungan membuat blog gado-gado


Pernah dengan istilah blog gado-gado. Sesuai namanya gado-gado alias campur-campur, maka yang dimaksud dengan blog gado-gado adalah blog yang tidak memiliki tema khusus sehingga semua isinya itu berbagai topik sesuai dengan keinginan si penulis itu sendiri. Contoh blog gado-gado itu sangat sederhana ya seperti blog saya ini. Isinya sih apa aja yang pengen saya tulis hehe.

Namun pernah dengar tidak, bahwa ketika kita melihat banyak rujukan di internet, bahwasanya banyak para master yang menyarankan untuk tidak membuat blog gado-gado. Alasanya adalah blog tidak memiliki suatu keunikan khusus, sehingga katanya akan sulit mendapatkan pengunjung sejati. Pengunjung sejati disini maksudnya adalah pengunjung yang biasanya suka bolak-balik ke blog kita atau dengan kata lain tidak hanya sekali kunjungan.



Apakah hal diatas benar, ya tentu saja ada benarnya, bahwasanya pengunjung umumnya akan sangat jarang untuk kembali apabila blog kita gado-gado. Namun menurut saya pendapat ini sudah sedikit kurang relevan seiring perkembangan jaman. Mengapa? karena sudah sangat banyak website yang memiliki tema yang sama dengan tema yang kita kembangkan. Jadi mungkin akan sangat jarang orang akan balik kembali ke website anda, kecuali tema yang anda buat betul-betul unik dan tidak ada pada blog orang lain. Untuk membuktikannya, simple saja, silahkan tanya pada diri anda, saat ini, apakah anda selalu mengunjungi satu website dalam membaca artikel, atau anda mencari informasi berpindah-pindah?

Nah daripada mencari pengunjung setia, bagi saya pribadi, saya lebih mengutamakan pengunjung acak yang datang dari google, yang mungkin tidak kembali lagi, namun yang terpenting adalah blog selalu memiliki pengunjung yang akan selalu datang, walaupun orangnya selalu berbeda. Tidak perlu takut, tentunya, karena ada sangat banyak orang yang membuka google dan membutuhkan informasi di blog kita. Jadi yang paling penting adalah perbanyak artikel yang berkualitas.

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah, mengurus blog gado-gado itu sangat jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog yang bertema khusus. Mungkin salah-satu alasan mengapa blog ini masih tetap update adalah, karena saya bisa menulis apa saja di sini, tanpa ada tekanan atau paksaan dalam memilih topik dan tema. Inilah yang paling membuat saya merasa senang dengan blog saya, karena apa saja yang ingin saya buat, tidak ada yang membatasinya.

Nah yang terakhir mungkin kita sering temukan, bahwa jika blog yang memiliki tema khusus akan mudah mendapatkan iklan, namun bagi blog gado-gado karena bertema bebas, akan sulit mendapatkan iklan. Ambil contoh blog review mobil, akan ditampilkan iklan mobil, sedangkan blog gado-gado bagaimana? tentu ini juga menjadi pertanyaan penting bagi para penulis yang mungkin memang ingin menghasilkan uang dari blog. Baik, sebenarnya pasti kalian sudah pernah dengar atau memiliki pengalaman, ketika anda mencari sesuatu di google, maka iklan yang tampil berhubungan dengan hal yang anda cari.

Ya, baru-baru ini memang sepertinya google memiliki teknologi baru yang bisa merekam jejak pencarian kita sebelumnya, dan menampilkannya dalam bentuk iklan serelevan data pencarian kita. Nah tentu saja hal ini merupakan angin segar bagi para pecinta blog gado-gado karena tanpa memiliki tempa yang khusus, iklan yang muncul akan secara otomatis disesuaikan dengan jejak para pembaca artikel di blog.

Jadi bagaimana para blogger mania, apakan sudah memutuskan memilih blog tema atau blog gado-gado. Sebenarnya kalau anda memang betul-betul mencintai suatu tema dan yakin tidak bosan dengan tema tersebut ya sah-sah saja membuat blog bertema, namun jika anda ingin menikmati menulis sesuai kesenangan tanpa ada batasan ya blog gado-gado mungkin bisa jadi solusinya.

Silahkan komentarnya ya teman-teman.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »