pilih blog atau youtube


Banyak dari kita sering bertanya-tanya, pilih blog atau youtube untuk melakukan bisnis online.  Ya mungkin ada sebagian dari teman-teman yang mulai tertarik terjun ke bisnis online. Mengingat sangat banyak orang yang menjadikan bisnis online sebagai sumber penghasilan. Jangankan orang biasa, bahkan artis pun mulai banyak yang menggeluti bisnis online ini. Jika disuruh pilih antara youtube atau blog mungkin kita masih bingung. Sebenarnya kedua platform baik itu youtube maupun blog, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masih sobat.

Dan hal terpenting yang tentunya harus kita sadari bahwa keduanya bisa menghasilkan uang jika kita memang tekun dalam menjalankan bisnis online tersebut. Berdasarkan informasi dari para master blog dan youtube yang sudah mampu menghasilkan uang, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis online tersebut yaitu:

1. Konsistensi
Sebelum terjun ke dunia bisnis, hal pertama dan yang paling utama yang perlu kalian pikirkan dan pertimbangkan adalah, kesanggupan anda dalam menjalankan menjalankan bisnis ini dalam waktu yang lama, dan anda sanggup bertahan walaupun dilanda rasa bosan. Sebenarnya inilah inti dari menjalankan suatu bisnis online baik itu youtube maupun blog. Penyebab Utama orang gagal dalam membuat youtube ataupun blog adalah rasa bosan, dan tidak konsisten dalam membuat konten.

2. Tentukan passion anda lebih ke menulis atau editing video
Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah passion. Ini perlu anda pikirkan matang-matang agar anda tidak mudah menyerah dan berhenti ditengah jalan. Sudah semestinya melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau keinginan kita akan membuat kita bekerja dengan lebih semangat sehingga karya yang kita hasilkan pun akan lebih berkualitas. Tentunya secara tidak langsung berdampak pada keberhasilan bisnis yang kita jalankan.

3. Introvert atau ekstrovert
Mungkin jarang ada ulasan seperti ini. Namun bagi saya hal ini sangat perlu diperhatikan. Alasannya tidak lain adalah, banyak introvert yang mungkin enggan atau jika dipaksakan mungkin sedikit kaku untuk menampilkan dirinya di depan umum. Sehingga hal ini mungkin akan sedikit sukar bagi introvert untuk menampilkan dirinya di youtube. Namun di satu sisi kebanyakan introvert mampu menghasilkan suatu karya imajinatif yang kadang-kadang lebih baik dari seorang ekstrovert. Oleh sebab itu setiap kepribadian akan memiliki sisi yang lebih unggul di salah satu platform antara youtube ataupun blog. Nah dimanakan posisi karakter anda menurut anda? Komen di kolom komentar ya.... 

4. Budget
Soal dana tidak boleh anda lupakan. Walaupun mungkin ini tidak terlalu mutlak, namun anda juga harus mengetahui bawa jika ingin membuat konten youtube yang pro, dana yang dikeluarkan mungkin akan sedikit lebih banyak dibandingan blog. Untuk youtube, anda membutuhkan computer yang memadai dalam editing video, selain itu kamera dan perlengkapan pencahayaan juga perlu jadi bahan pertimbangan. Jika anda ingin membuat konten dengan kriteria tertentu, seperti misalnya review barang elektronik, biaya anda pun mungkin akan lebih bertambah besar untuk membeli barang yang akan anda review. Selain itu, untuk tahap awal mungkin kita membutuhkan seorang pegawai baik itu untuk editing ataupun cameramen. Jadi hal ini juga perlu dipertimbangkan ya guys. 

5. Waktu pengerjaannya
Untuk membuat suatu konten, baik itu tulisan maupun video, tentu saja membutuhkan waktu. Oleh karenanya, anda harus siap jika ingin membuat konten berkualitas maka anda mau tidak mau harus rela menyisihkan banyak waktu hanya untuk bisnis online ini. Untuk youtube sendiri mungkin akan memakan waktu yang lebih lama ketimbang menulis. Tentu saja karena proses editannya yang lebih lama dibandingkan dengan mengedit tulisan saja. Untuk itu banyak channel besar yang saat ini bekerja secara tim, sehingga penyelesaiannya pun lebih cepat, dibandingkan bekerja secara individu.

6. Jumlah penghasilan
Nah mungkin ini yang paling krusial dibandingkan dengan masalah lainnya untuk dipertimbangkan. Namun kuncinya adalah keduanya sama-sama menghasilkan dan banyak atau sedikitnya itu semuanya tergantung dari jumlah pengunjung yang melihat konten anda. Semakin banyak yang melihat, maka semakin banyak pula iklan yang muncul, efeknya adalah semakin banyak pula penghasilan anda. Namun ada sebagian orang yang mengatakan bahwa di youtube lebih mudah untuk mendapatkan uang karena pembayarannya lebih mahal, namun hal itu tentu saja sangat relative apalagi jika blog anda pengunjungnya sangat banyak tentu saja penghasilannya bisa jauh melebihi youtube. Jadi intinya adalah buatlah konten semenarik mungkin, perbanyak pengunjung anda dan uang pun akan mengalir ke tangan anda.

Jadi manakah pilihan anda, youtube atau blog, jangan lupa komen ya...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »