determiner kata benda dapat dihitung dan tidak dapat dihitung dalam bahasa inggris


Dalam Bahasa inggris berdasarkan bentuknya kata benda dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu kata benda yang dapat dihitung (countable) dan kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable).

Kata benda yang dapat dihitung umumnya kata benda yang dari bentuknya memang bisa kita hitung seperti, meja, buku, laptop, gelas, dll.

Sebaliknya yang tidak bisa dihitung memang mustahil untuk dapat kita hitung seperti, susu, beras, perasaaan, cinta dll.

Lebih mudahnya umumnya kata benda yang dapat dihitung biasanya dapat ditambahkan dengan akhiran s di akhirnya misalnya, book menjadi books, laptop menjadi laptops, table menjadi table. Untuk lebih jelasnya mengenai perubahan ini silahkan lihat di bentuk jamak kata Bahasa inggris. disana saya sudah merincikan bagaimana perubahan-perubahan kata yang regular maupun irregular.

Berbeda dengan kata yang bisa dihitung, untuk bentuk yang tidak dapat dihitung (uncountable) tidak ada perubahan yang terjadi pada bentuk katanya, missal rice, tidak bisa menja rices, atau coffee tidak bisa menjadi coffee. Lantas bagaimana biasa orang menghitungnya. Biasa yang dapat dihitung adalah wadahnya missal, a cup of coffee, atau two cups of coffee.

Ada beberapa determiner yang sering kita jumpai, namun masing-masing memliki fungsinya sendiri dan penggunaannya pun harus kita ketahui yang mana untuk countable maupun uncountable


Countable Uncountable
This, that, these those
one, two, thee,four, none
many
few
more than
a, an, some, the any
fewer than
a lot of
a large/great number of
This, that
none
much
 little
less than
the, some any
less than
a lot of
a large amount of

Nah dari tabel dapat kita lihat mana determiner yang kita gunakan untuk countable dan uncountable.

Contoh: I love you so much, disini dapat kita lihat bahwa love adalah uncountable maka itu tidak pernah kita dengar I love you so many

Contoh 2: She has many cars disni mobil dapat dihitung karenanya digunakan many bukan much

Nah oleh sebab itu table diatas sebaiknya dihafal agar tidak salah dalam penggunaannya.

Selain dari rumus di atas masih banyak pengecualian yang terkadang membuat beberapa kata uncountable ditambahkan akhiran S. Jadi jangan heran jika nanti menemukannya ya, karena ilmu Bahasa itu sering terdapat pengecualian-pengecualian. Tapi secara umum teori yang sudah dijelaskan di atas akan dapat sangat membantu, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »