peminat blog menurun



Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman blogging yang sudah saya rasakan semenjak tahun 2009 lalu. Apa yang sebenarnya yang ingin saya ceritakan disini adalah bagaimana pecinta blog yang kian hari terasa terus berkurang. dahulu sangat banyak orang-orang yang sering saling kunjung-mengunjungi blog sesama teman yang sekarang sudah sangat jarang saya jumpai.

dahulu kami sering meninggalkan komentar-komentar atau jejak yang jaman dulu dikenal dengan istilah blog walking saat ini sudah sangat jarang saya temukan. Mengapa ini bisa sampai terjadi, usut punya usut teryata pengunjung blog semakin berkurang dikarenakan adanya perpindahan pengguna internet dari yang sebelumnya banyak di blog sekarang ke youtube.

Mengapa hal ini bisa sampai terjadi? jawabannya adalah karena sekarang banyak orang yang lebih suka menonton dibandingkan dengan membaca. Lantas mengapa baru-baru ini saja banyak pengguna internet pindah ke youtube? mengapa tidak dari dulu? Jawabannya adalah karena akses internet yang semakin hari semakin lancar.

Akibat fenomena ini banyak blogger pun yang ramai-ramai bermigrasi dari blog ke youtube. Sehingga komunitas-komunitas blogger pun menjadi sangat-sangat berkurang. Saat ini sudah sulit mencari teman-teman blogging yang dulunya sangat aktif berkomentar dan saling memberikan semangat. Blogging sudah terasa menjadi sangat-sangat sepi.

Jika demikian apakah blog akan menjadi mati? Apakah semua pengunjung blog akan pindah ke youtube? Jawabannya tentu saja tidak. Pasti masih ada orang yang lebih suka membaca dibandingkan dengan menonton. Hanya saja mungkin jumlahnya tidak sebanding. Memang dari segi entertainment sepertinya blog sudah kalah jauh, namun walaupun demikian tetap masih ada hal-hal yang memang lebih disenangi dalam bentuk tulisan seperti misalnya, tulisan akademik, materi pelajaran, tutorial singkat. ataupun artikel-artikel belajar.

Jadi untuk teman-teman para blogger tetap semangat dan terus berkarya ya, untuk terus menulis dan memberikan manfaat kepada banyak orang. Percayalah tulisan yang baik akan selalu dibaca dan disukai banyak orang karena manfaatnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »