Teknik menjawab soal reading



Halo teman-teman berjumpa lagi dengan saya sang pecinta bahasa Inggris. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang 2 macam cara yang paling populer digunakan dalam menjawab soal-soal reading. Trik ini bisa kalian gunakan ketika berhadapan dengan berbagai jenis ujian reading baik itu IELTS ataupun TOEFL.

Nah kedua trik ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun konon katanya, setiap orang akan memiliki kecenderungan pada salah-satunya. Misalnya, ada orang yang saat menggunakan trik A nilainya akan lebih tinggi dibandingkan ketika dia menggunakan trik B. Sebaliknya ada orang yang saat menggunakan trik B nilainya akan lebih baik ketimbang ketika dia menggunakan trik A.

Trik yang pertama adalah, baca teksnya terlebih dahulu baru baca soalnya. Keunggulan dari cara ini adalah kita akan memiliki pemahaman yang sangat baik tentang bacaannya karena kita sudah membaca teksnya. Cara ini sangatlah tepat apalagi kalau kita memiliki ingatan yang bagus tentu saja kita nanti bisa langsung menjawab soal-soalnya tanpa harus membaca ulang lagi.

Selanjutnya trik yang kedua adalah baca soal dulu baru baca teks bacaannya. Keunggulan trik ini kita tidak harus membaca keseluruhan teks jadi kita dapat menghemat banyak waktu. Yang kita lakukan hanya mencari kata-kata kunci saja, sehingga akan bisa menghemat waktu. Cara ini sangat bisa kita gunakan ketika disuruh menjawab soal yang teksnya sangat panjang namun cuma punya waktu yang sedikit.

Namun demikian cara diatas juga memiliki kelemahannya masing-masing. Untuk cara yang pertama jika kita membaca keseluruhan teks maka akan cenderung memakan waktu yang lama. Apalagi jika kita lupa dengan bacaannya, maka otomatis kita harus membaca ulang teks yang tentunya memakan waktu lagi. Begitu juga untuk cara yang kedua, walaupun biasanya cara ini lebih cepat, jika tidak cermat terkadang kita kesulitan memahami teks bacaan karena kita tidak membaca teks sepenuhnya seperti cara pertama.

Terus yang menjadi pertanyaan sekarang adalah cara mana yang akan kita pakai? jawabannya adalah tergantung masing-masing orang. Untuk menemukan cara mana yang lebih tepat kalian gunakan, silahkan lakukan eksperimen dengan mencoba kedua cara diatas. Silahkan kalian nilai cara mana yang lebih enak, lebih cepat, dan yang lebih banyak jawaban yang benar tentunya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »