Cara agar lulus tes CPNS



Baik teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman pribadi saya di waktu mengikuti tes CPNS 2019 yang alhamdulillah saya berhasil lolos hingga tahap akhir dan saat ini, saya sudah mendapatkan NIP Alhamdulillah. Saya percaya dengan berbagi pengalaman dan ilmu yang bermanfaat tentu akan mendapatkan pahala. Apalagi untuk teman-teman yang berniat mengikuti seleksi CPNS, PPPK, maupun sekolah kedinasan saya doakan semoga sukses.

Tes CPNS harus kita akui merupakan tes yang menguji banyak aspek pengetahuan, tidak hanya pengetahuan bidang kita saja yang akan di uji melainkan pengetahuan kebangsaan, matematika dasar, logika, hingga aspek sikap pun akan diuji. Hal ini tentunya membuat kita harus mempersiapkan senjata untuk menghadapi tes sedini mungkin. Apalagi seperti saya ini, yang berasal dari bidang sosial yang mana selama di perkuliahan hampir tidak pernah lagi menghadapi soal-soal matematika. 

Ketika dibuka pendaftaran CPNS kebetulan jurusan saya merupakan jurusan yang lulusannya sangat banyak, sehingga persaingannya pun juga ketat. Di instansi yang saya pilih penerimaannya hanya satu orang saja, sedangkan yang mendaftarnya 51 orang. Otomatis saya harus mengalahkan 50 orang lainnya. Melihat dari jumlah persaingan ini memang membuat saya sedikit galau, apalagi semenjak sekolah hingga tamat rekor terbaik saya adalah peringkat 8 di kelas, yang itu pun kadang siswanya tidak sampai 51 orang. Plus terakhir dapat rangkingnya di SD, di jenjang berikutnya enggak pernah lagi masuk 10 besar kwkwkwkwwk.

Jadi bagi kalian yang berada di kalangan biasa-biasa saja seperti saya ini, percayalah kalian masih punya kesempatan asal mau terus berusaha, dan konsisten. Saya ingat sekali, awal mula saya belajar itu kurang lebih sekitar 4 bulan sebelum tes kalau tidak salah ya hehehe. Oh ya mungkin sekitaran akhir-akhir tahun 2019. Mengapa saya mempunyai tekat yang kuat untuk belajar di awal, ini karena saya sudah lelah menjadi pengangguran, di keluarga saya hanya saya yang ketika itu masih pengangguran. Saat pagi semua orang rumah pergi sedangkan saya masih terlelap enggak tau ngapain, di momen-momen ini nampak kali jadi penganggurannya kwkkwkw. Dan kadang-kadang kalau jumpa orang sering kali ditanyain kerja dimana, ngapain aja selama ini, membuat saya tidak tau jawab apa saat itu.

Disamping itu, saya tidak ingin terlihat lemah di mata keluarga saya, apalagi ada adik saya yang sudah duluan menjadi PNS, dan apalagi saya laki-laki, sungguh hal-hal seperti ini harus saya hentikan segera dengan lulus tes PNS. Belum lagi orang tua saya yang sudah capek kuliah kan saya, hal-hal inilah yang membuat saya memiliki motivasi yang kuat. Memang jadi pengangguran itu menyakitkan anak muda,  ingat kawan-kawan yang sedang berjuang disana, you are not alone dude, saya juga merasakan apa yang kalian rasakan. 

Baik udah cukup dulu cerita motivasinya, sekarang ayo kita bahasa langkahnya. Pertama, kalau saya dulu, saya cari buku-buku pdf cpns yang paling mainstream. Saya rasa tidak perlu saya sebutkan judul bukunya karena sangat mudah mendapatkannya di internet. Kemudian ini opsional yaa, saya beli tab. Mengapa tab, karena dengan tab saya bisa dengan mudah membaca pdf, kalau pake laptop rasanya terlalu ribet, kalau pake hp rasanya terlalu kecil layarnya, tapi engga harus yaa, ini opsional hanya berdasarkan pengalaman pribadi saya saja.

Kemudian, teman-teman beli buku coret-coret apalah, atau kertas bekas juga boleh sebagai sarana nanti untuk latihan coret-coret terutama untuk soal matematika. Nah selanjutnya ini juga opsional, kalau bisa teman-teman punya wifi dirumah atau paket kuota yang cukup lah, untuk buka youtube. Mengapa ini sangat penting, karena terkadang penjelasan di buku tidak bisa kita pahami, jadi dengan youtube penjelasannya bisa lebih terperinci. Dulu ketika ada soal yang tidak bisa saya pahami dengan melihat penjelasan di buku, saya buka youtube dan cari penjelasan dengan soal yang mirip.

Langkah berikutnya, teman-teman coba gabung grup-grup persiapan CPNS di telegram. Disini teman-teman akan banyak menemukan orang-orang yang bervisi dan misi yang sama, yang mana nantinya bisa membantu teman-teman tetap termotivasi. 

Baiklah, sepertinya alat-alatnya sudah siap, lantas bagaimana cara belajarnya. Nah berdasarkan pengalaman belajar saya, sayang membuat komitmen harus bisa belajar minimal 3 jam per hari apapun yang terjadi. Nah di awal-awal saya hanya buat 2 jam, namun seiring berjalannya waktu saya coba tingkatkan menjadi 3 jam. Di tab saya, sudah saya install timer hitung mundur selama 3 jam, dan saya selalu menghidupkan timer itu saat belajar. Oh ya perlu diingat juga dulu suatu ketiak, ntah karena ada kesibukan atau apalah, pernah saya langgar komitmen saya dan tidak habis 3 jam belajar dalam sehari tapi saya coba ganti ke hari berikutnya, tapi jarang ini saya lakukan, karena kalau ganti di hari berikutnya otomatis jadi lebih dari 3 jam di hari itu, dan lebih capek.

Saya tidak menghabiskan 3 jam itu sekali duduk, tapi saya cicil kapan saya suka, misalnya siang sejam, terus, sore setengah jam, magrib setengah jam, pas mau tidur sejam, pokoknya harus habis 3 jam itu. Inilah yang terus saya lakukan selama beberapa bulan, hingga akhirnya hari ujian tiba. Saya juga punya teman yang bervisi sama sehingga kadang-kadang kami belajar sama-sama di warung kopi. Ini juga bagus di coba teman-teman selain bisa dapat suasana baru, kalau ada kawan belajar juga bisa saling bantu nantinya.

Yang paling penting yang harus kalian lakukan adalah selalu berdoa agar kalian bisa menghadapi ujian nantinya. Ini merupakan langkah vital dan sangat penting yang harus kalian lakukan, karena kita sangat-sangat membutuhkan faktor X diluar usaha fisik yang kita lakukan. Percayalah ini yang sangat menentukan nantinya kawan.

Nah tips saat mengerjakan soal, kalau saya pribadi, saya mengerjakan soal-soal yang mudah dahulu, dan soal-soal yang singkat. Karena nanti sistemnya akan balik otomatis ke soal yang belum kita isi. Nah saat ujian itu kan ada waktunya, kalian bagi 3  dan sisakan beberapa menit kalau bisa 15 menit  lah kalau lebih, ya lebih bagus, gunanya untuk balik nanti ke soal yang belum kalian isi. Misalnya waktunya 90 menit, kalian usahain bisa selesaikan TWK 25 menit, TIU 25 menit, TKP 25 menit, nah nanti ada waktu cadangan 15 menit.

Khusus di tes SKD kalian harus konsisten dan jangan terlena pada salah satu subtes. Kalau waktunya sudah habis kalian harus pindah move on ke subtes berikutnya. Mengapa demikian, karena jangan sampe kalian kehabisan waktu di salah-satu subtes. Walaupun nilai kalian tinggi, kalau ada salah-satu subtes yang tidak lewat passing grade, kalian akan tetap gagal.

Nah balik lagi di sisa 15 menit tadi, kita bagi lagi 10 menit untuk kerjakan dulu soal-soal yang panjang sangat yang tadi kalian skip, dan 5 menit untuk soal-soal yang kalian memang tidak tau sama sekali. Di waktu lima menit ini cukup gunakan feeling kalian dan baca doa pas kliknya kalau sempat. Oh ya sehari sebelum ujian kalau bisa coba tenangkan diri, makan-makanan sehat, dan jangan begadang malamnya. Usahain ya jangan begadang, karena besok fisik betul-betul harus fit.

Terakhir, banyak-banyak berdoa pokoknyalaah okee. Mungkin itulah tipsnya ya kawan-kawan, btw trik tadi itu mungkin tidak cocok untuk semua orang, tapi mungkin bisa kawan-kawan coba siapa tau berhasil. Selamat berjuang ya kawan-kawan semoga berhasil jadi ASN, baik melalui seleksi tes CPNS, Sekolah kedinasan, maupun PPPK.

Bagi kawan-kawan yang punya pengalaman tersendiri saat ikut tes CPNS, silahkan tulis di komentar ya...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »