Mengapa PPG Pendidikan Profesi Guru penting



PPG atau yang lebih kita kenal dengan Pendidikan Profesi Guru adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Namun sayangnya banyak orang yang belum memahami betapa pentingnya program ini. Salah satu alasan yang paling sering saya dengar adalah ' UNTUK APA JUGA DIADAKAN PPG TOH SAYA KAN SUDAH KULIAH DI JURUSAN PENDIDIKAN' mungkin ada juga teman-teman yang juga berpikiran seperti kata-kata diatas.

Baiklah disini saya akan menjelaskan kepada teman-teman semua mengapa PPG itu sangat penting dan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri setelah saya mengikuti program PPG prajabatan bersubsidi.

Guru merupakan salah satu program yang sangat vital layaknya dokter dan tenaga medis lainnya, jika dokter berpengaruh dengan kesehatan manusia, maka guru bisa dikatakan penentu yang besar dengan generasi masa depan. Apakah layak jika  hanya dokter yang harus memiliki gelar profesi sedangkan guru tidak. Padahal kita sama-sama tau bahwa guru kualitas guru sangatlah penting untuk kemajuan bangsa.

Saat ini sudah sangat banyak universitas di indonesia yang melahirkan sarjana-sarjana pendidikan tiap tahunnya. Apakah semua unversitas itu sudah memiliki kualitas yang terjamin. Bagaimana jika ada universitas abal-abal yang lulusannya mendidik generasi bangsa kedepannya dengan kualitas yang tidak baik. Tentu saja pemerintah tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itulah pemerintah membuat program PPG untuk menyaring orang-orang yang berkompetensi untuk menjadi guru.

Nah selanjutnya di PPG kita akan mendapatkan banyak ilmu pedagogi yang dulunya sangat terbatas saat kita kuliah S1. Saat kuliah dulu mungkin kita kebanyakan masih fokus pada bidang profesional. Di PPG sebaliknya kita akan lebih fokus ke pedagogik. Kita akan lebih mendalami tentang pendidikan, cara, maupun teknik teknik dalam mengajar.

Selanjutnya saat PPG kita akan dibimbing dalam membuat peneltian tidakan kelas atau yang lebih dikenal dengan istilah PTK. Kalau dulu saat kuliah S1 mungkin kita lebih banyak diarjakan tentang penelitian secara lebih umum, maka di saat mengikuti PPG kita akan diajarkan PTK lebih mendalam.

Yang terakhir adalah saat PPG kita akan diberikan pengalaman untuk magang langsung di sekolah-sekolah layaknya saat PPL di kuliah S1 dulu, namun saat di PPG berdasarkan pengalaman kemungkinan kita akan dibimbing dengan lebih banyak dari saat kuliah dulu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »