Kisah panjang setelah 10 tahun ngeblog



Jadi pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang ngeblog. Tak terasa sudah saya sudah sangat lama ada di dunia blogging. Kalau tidak salah mungkin sudah ada sekitar 10 tahunan lebih lah, ya bisa dibilang mungkin sudah sangat lama sekali. Dulu itu blog itu sangat populer. Mengapa demikian, ya karena pada jaman itu koneksi internet itu masih sangat-sangat terbatas, sehingga untuk banyak orang yang memilih membaca melalui teks ketimbang membuka situs video seperti layaknya youtube.

Kalau jaman sekarang orang lihat tutorial sudah banyak yang dari youtube. Review produk-produk pun sudah lebih sering dilihat di youtube. Alasannya mungkin ya karena lebih praktis, atau bisa juga mungkin karena malas memaca yang kadang lebih membutuhkan energi. Dengan keadaan yang seperti ini juga pun jadinya banyak para blogger yang beralih ke youtube. Mungkin hanya tinggal yang sisa-sisanya saja seperti saya yang tertinggal di dunia blogging ini.

Kalau dibilang saya sangat serius ngeblog, ya sepertinya mungkin tidak juga lah. Lah saya biasanya update blog itu paling kapan lagi pengen saja. Berbeda mungkin dengan orang yang benar-benar serius ngeblog. Biasa kan mereka itu punya  jadwal rutin dalam buat tulisan artikel. Kalau saya mungkin lebih tepatnya emang ini blog suka-suka.

Mengenai penghasilan, ternyata dan ternyata bahwa sampai sekarang saya belum menerima penghasilan sedikit pun. Ini mungkin karena memang pengunjung blog saya sangat sedikit. Yah jadinya belum bisa menghasilkan uang. Teringat sekali saat di jaman dahulu, yang mana saya memang sangat termotivasi dengan penghasilan dari blog. Dan setelah mengetahui tentang realitanya bahwa dapat uang di blog itu tidak mudah ya jadi saya nulis di blog nya ya untuk senang-senang sajalah.

Tapi yang sangat seru pada jaman dulu itu, penulis blog sangat ramai sekali. Dalam ngeblog kita bisa saling kunjung-mengunjungi. Kalau sekarang ya yang komen di blog saja sudah sangat jarang sekali lah. Palingan juga orang-orang yang butuh bacaan aja tuh yang singgah di blog. Setelah dapat yang diperlukan yang mereka langsung pergi.

Oh ya, selain youtube mungkin sosial media juga membuat bayak orang pergi dari dunia blogging, alasannya mungkin kalau di sosmed respon tulisan yang dibuat bakal lebih cepat daripada tulisan di blog. Yaa mungkin inilah era dimana penikmat blog berkurang. Ya tapi bagaimana pun dunia menulis seperti blog mungkin akan tetap ada, ya walaupun kadang tak seramai dahulu. Semoga saja lah nanti blogging bakal ramai lagi seperti dahulu lagi.

Nah itulah mungkin beberapa sedikit kisah blogging yang sudah saya jalani bertahun-tahun. Kalau ada blogger yang tersesat membaca tulisan ini yah jangan lupa untuk tinggalkan komentarnya ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »