5 usaha yang mudah untuk dapat uang

6/17/2021


Mungkin kita semua sepakat bahwa rata-rata orang kaya selalu terkait dengan usaha. Ya usaha yang dimaksud disini adalah suatu pekerjaan yang kita sendiri membangunnya dari awal hingga berhasil. Saya  percaya bahwa cara yang paling umum untuk bisa kaya raya layaknya seorang sultan adalah dengan membangun usaha. Nah sebenarnya jika kita rajin dan jeli, ada beberapa usaha yang mudah kita lakukan. Berikut ini adalah usaha-usaha yang patut kalian coba, bahkan beberapa diantaranya tidak membutuhkan modal yang banyak.

Berkebun

Berkebun menurut saya adalah salah satu usaha yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang yang berfikir bahwa untuk berkebun kita membutuhkan lahan yang sangat-sangat luas. Padahal berkebun sebenarnya juga bisa di lakukan di rumah sendiri dengan lahan yang seadanya. Caranya adalah jika kalian merasa bahwa lahan yang kalian punya sempit atau kecil, maka pilihlah tanaman yang kira-kira bisa hidup di pot atau polybag kecil. Contoh sederhananya mungkin seperti cabai, stroberi , seledri, kangkung dll. Ingat ini hanya untuk langkah awal, jika sudah berkembang tentu kalian seledri sudah maupun membeli lahan khusus untuk usaha berkebun anda.

Berternak

Beternak juga merupakan usaha yang juga sangat mungkin dilakukan tanpa modal yang banyak. Namun sama halnya seperti berkebun jika tidak memiliki lahan dan modal yang banyak maka kalian juga harus pandai dalam memilih hewan ternak yang akan dikembangkan, contohnya bisa ternak ayam, bebek, ikan cupang, nila, dll. Nah nanti kalau sudah berhasil uangnya jangan lupa untuk di tabung, agar bisa membeli lahan untuk memajukan usaha ke tingkat yang lebih besar tentunya.

Berjualan

Kalau berjualan mungkin kalian perlu sedikit modal disini seperti untuk mendapatkan lapak yang bagus. Namun tentu tidak ada salahnya untuk mencoba berjualan. Saran saya bagi yang belum pernah terjun di bisnis perdagangan ada baiknya untuk coba menjual jenis barang yang tahan lama, misalnya seperti alat pecah belah, atau pun barang-barang kelontong. Mengapa demikian karena barang ini tahan lama di toko walaupun belum laku. Coba bayangkan jika anda menjual barang elektronik atau pun sesuatu yang terus berkembang dan maju misalnya. Nah kalau barang tersebut lama dan tidak laku di toko anda maka akan lebih susah untuk menjualnya, anggap saja misalnya hp, ketika sudah ada keluaran terbaru, maka sudah bisa kita duga bahwa pembeli bakal mengincar barang baru tersebut. Jadi barang lama kita bisa jadi tidak laku dan akibatnya kita harus menanggung kerugian nya. Oh ya saat ini juga sudah ada kemudahan untuk berjualan secara online, yang mungkin bisa menjadi alternatif bagi yang tidak punya tempat jualan. Beberapa platform terkenal untuk berjualan online diantaranya seperti, shopee, tokopedia, jd.id, olx dll.

Konten kreator

Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang mendapatkan uang dengan konten kreator. Bahkan ada yang bilang kalau saat ini anak sekolahan ditanya apa cita-citanya ada yang menjawab menjadi konten kreator hebat. Konten kreator atau yang umum lebih dikenal sebagai Youtube merupakan idaman beberapa orang di jaman saat ini. Mengapa tidak, jika berhasil pemiliknya bisa menjadi orang kaya raya dari hasil iklan di Youtube. Untuk itu kalau kalian merasa memiliki ide-ide kreatif untuk dibagikan, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba usaha yang satu ini.

Mengajar

Untuk mengajar, syaratnya adalah kalian harus punya keahlian terlebih dahulu. Jika kalian punya keahlian, maka usaha ini tentu memiliki prospek yang menjanjikan. Ada banyak cara untuk bisa mengajar misalnya melamar di bimbel, atau bisa juga mungkin di bimbel online. Selain itu anda juga bisa membuka tempat les di rumah anda sendiri. Ingat untuk usaha ini anda harus sudah mempunyai keahlian yang akan diajarkan. Namun bagaimana jika belum punya keahlian, tentu saja anda bisa mengikuti kursus terlebih dahulu. Ambil contoh misalnya anda pertama ambil kursus pengajar bahasa inggris, nanti kalau memang anda merasa sudah benar-benar mampu, tentu bisa mencoba usaha untuk mengajar ini. Yang penting adalah usahakan jangan sampai mengajar hal yang tidak baik ya, atau hal yang salah.

Nah itulah beberapa usaha yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mendapatkan uang daripada menganggur tanpa arti. Asalkan kalian tekun, rajin tidak mudah menyerah dan terus berdoa, saya percaya usaha yang kalian lakukan pasti akan berhasil. Selamat mencoba


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon