Keuntungan bekerja sebagai guru

6/19/2021

Jaman dahulu profesi guru sering dipandang sebelah mata. Banyak orang yang enggan untuk menjadi guru karena memang di zaman dulu guru tidak seperti sekarang ini. Jangan kan menjadi guru, menjadi pns saja dahulu peminatnya tidak sebanyak sekarang ini. Sekarang ini kalau jadi guru banyak sekali keuntungannya, mau tau apa saja, yuk silahkan disimak artikel berikut ini.

Saat ini guru sudah mendapatkan banyak sekali tunjangan. Makannya jangan heran sudah banyak orang yang mulai sadar dan tertarik untuk menjadi guru. Coba saja saya uraikan, di jabatan guru itu ada namanya tunjangan sertifikasi dan ini pasti sudah banyak orang ketahui. Jumlah tunjangan sertifikasi sendiri itu sama dengan sekali gaji. Jadi kalau guru itu gajinya 3 juta, maka ditambah lagi sertifikasi 3 juta, jadinya 6 juta.

Selain itu, untuk sebagian daerah ada  yang namanya tunjangan daerah. Jumlahnya ini berdasarkan kebijakan masing-masing daerah. Kalau ditempat saya sih sekitaran 6 ratus ribuan. Mungkin kalau di daerah yang lebih maju, bisa saja lebih banyak. Kemudian kalau guru tersebut mengajar di pelosok misalnya, yang masuk kategori sangat terencil, maka guru tersebut akan diberikan lagi tunjangan terpencil yang jumlahnya itu juga sama seperti satu kali gaji. 

Kalau gaji guru 3 juta + sertifikasi 3 juta + tujangan daerah 6 ratus ribu, ditambah dana terpencil 3 juta, maka jumlah kira 2 yang di dapatkan guru itu bisa sekitar 9 jutaan. Kan sudah sangan lumayan. Nah kalau guru senior mungkin yang sudah lama berbakti menjadi PNS yang gajinya sudah mencapai 4 sampai 5 juta mungkin, ya tentu kalian kalikan sendiri lah.

Nah dari segi kerja, guru juga terbilang memiliki pekerjaan yang enak, tugasnya itu mengajar, plus mungkin mempersiapkan segala perangkat-perangkat pembelajaran. Kerjanya itu tidak secapek bekerja di perusahaan yang diperas sedemikian rupa, kalau guru kita umumnya memberikan petunjuk-petunjuk belajar saja selebihnya biarkan murid yang bekerja sendiri.

Karena di zaman ini, guru tidak boleh lagi menyuapkan dan memanjakan murid dalam memberi pelajaran. Tujuannya adalah agar merangsang sisi berfikir kritis dari murid. Lebih tepatnya mungkin guru sekarang hanya membantu saja dalam pembelajaran, sisanya biarkan murid yang menemukannya sendiri sambil tetap di bimbing tentunya. Kemudian menjadi guru itu liburnya banyak, sama seperti anak sekolah yang banyak liburnya guru juga seperti itu.

Selain itu menjadi guru itu bisa jadi ladang pahala kebaikan. Karena kita kan mengajari ilmu yang bermanfaat kepada para murid-murid yang akan bisa meraka manfaatkan nantinya. Kita juga akan menemukan banyak karakter-karakter siwa yang berbeda. Jadi pekerjaannya tidak monoton dan tidak membuat cepat bosan.

Terlepas dari itu semua, jika memang ingin menjadi guru cobalah selalu menanamkan rasa keikhlasan di dalam hati, agar ilmu yang diberikan juga menjadi lebih berkah. Jadi guru juga memiliki tanggung jawab yang besar, karena tugas kita bukan hanya untuk mendidik pengetahuan semata, tetapi juga mendidik prilaku dan cara berfikir siswa agar menjadi orang yang baik nantinya.

Ingat generasi kedepannya, akan sangat dipengaruhi dengan bagaimana cara guru mendidik. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi motivasi kita bersama untuk menjadi guru yang baik dan pantas menjadi panutan siswa.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon