Cara membiasakan diri untuk membaca

6/15/2021


Saat di sekolah dasar, saya masih teringat pada masa-masa dimana saya benar-benar ingin untuk bisa membaca. Rasanya saya bisa mengetahui apa saya dengan membaca. Ketika saya melewati jalan-jalan ingin sekali rasanya untuk bisa mengetahui apa makna dari tulisan-tulisan yang terpampang di sebelah kanan dan kiri.

Seiring berjalannya waktu, dengan dibimbing oleh guru-guru sd serta yang paling utama adalah kemampuan yang diberikan oleh Allah, akhirnya sampailah pada tahap dimana saya bisa membaca dengan lancar dan baik tentunya. Namun ternyata setelah saya berhasil mencapai tingkat mampu dalam membaca, saya merasa tidak menggunakan kemampuan tersebut secara maksimal.

Ini terbukti dimana saya belum mampu membaca banyak layaknya seperti para orang-orang sukses diluar sana. Untuk itu saat ini saya ingin memaksimalkan kemampuan yang sudah saya dapatkan ini, karena saya masih ingat sekali bagaimana rasanya dulu disaat kecil saya merasa dengan membaca saya bisa mengetahui berbagai hal di dunia ini.

Berdasarkan pengalaman, menurut saya ada beberapa hal yang mungkin bisa kawan-kawan coba untuk membangkitkan semangat membaca. Dengan hadirnya semangat dalam membaca tentunya kita akan lebih menjadi orang yang berpengetahuan dan berilmu.

Yang pertama adalah kita harus mengetahui apa topik yag paling kita sukai. Karena membaca topik yang menarik tentunya akan membuat kita tidak cepat bosan. Setiap orang tentunya kan punya ketertarikan pada hal yang berbeda, ada yang suka bola, ada yang tertarik dengan ilmu alam, ada yang suka dengan informasi teknologi dan sebagainya. Jadi pastikan kalian menemukan hal yang kalian sukai untuk dibaca.

Yang kedua tentukan tempat yang nyaman untuk membaca. Membaca terkadang memiliki kenyamanan suasana berbeda bagi tiap orang. Ada yang sukanya di perpustakaan, ada yang suka di tempat yang bersuara seperti dipinggir jalan mungkin, ada yang suka di suasana kamar. Jadi cari tau ya.

Yang ketiga adalah waktu. Ada orang yang suka membaca pas baru bangun katanya enak, ada juga yang suka pas nyantai mungkin siang-siang, nah kalau saya itu sukanya pas baru selesai magrib. Nah kan orang beda-beda jadi temukan waktu ternyamannya ya.

Terakhir ni ya, yaitu fasilitas. Kalau belum ada fasilitas yang mumpuni mungkin saya  kita yang sudah semangat tapi engga jadi membaca. Misalnya ni kalian mau baca buku tertentu, eh bukunya belum juga dibeli walaupun rasanya sudah ingin sekali untuk membaca. Nah fasilitas juga sangat penting ya kawan-kawan, atau contoh lain belum menemukan tempat nyaman misalnya karena belum punya fasilitas meja belajar. Akhirnya baru sebentar duduk dah berhenti deh membacanya karena engga nyaman.

Nah itulah ya kawan-kawan beberapa cara yang mungkin dapat kita lakukan agar lebih termotivasi untuk membaca. Kalau kalian punya tips khusus juga jangan lupa tulis di komentar ya. Mana tau bisa membantu yang lain.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon