perbedaan look at, watch, see, listen to and hear

7/16/2021


Perbedaan look at, watch, see, listen to and hear

Bagi para pemula yang baru-baru belajar bahasa inggris, mungkin kata look, watch dan see itu semua punya arti yang sama yaitu melihat. Begitu pula misalnya dengan listen dan hear mungkin kita mengira artinya sama-sama mendengar. Namun sebenarnya di kata-kata tersebut memiliki makna berbeda dan kegunaan yang berbeda pula. Agar kita tidak salah dalam penggunaannya mari kita simak penjelasan berikut ini.

  • Look at

Look at adalah kegiatan kita dalam melihat sesuatu karena memiliki tujuan tersendiri. Misalnya ni kita melihat peta supaya kita tidak tersesat.

  • Watch

Watch itu hampir mirip dengan look at yang mana kita melihat sesuatu karena ada tujuan tertentu. Hanya saja kalau kita menggunakan watch berarti kita melihatnya dalam waktu yang lebih lama. Makanya dikatakan watching movie buka look at movie karena kalau menonton kita melihatnya lebih lama.

  • See

See menurut saya yang paling umum kita gunakan untuk kata kerja melihat. See berbeda dengan look at atau pun watch. See memiliki arti melihat sesuatu yang tidak kita rencanakan. Misalnya ni saya melihat kucing di dapur. Karena kita ke dapur jadi kita melihat kucing dan kita tidak ada rencana pasti untuk melihat kucing tadi.

Nah terlihat jelas bukan perbedaan ketiga kata tersebut. Jadi jangan salah-salah lagi memakainya ya. Selanjutnya kita ke pembahasan perbedaan antara listen to dan hear

  • Listen to

Listen to adalah kegiatan mendengar karena ada tujuan sesuatu. Misalnya ni kita radio karena kita suka. Atau mungkin kita mendengarkan tes bahasa inggris karena kita memang ada niat dan tujuan untuk mendengarkan audio tes bahasa inggris tersebut. Atau biar lebih gampang dipahami listen ini kita gunakan untuk mendegar sesuatu karena memang ada tujuan yang kita inginkan.

  • Hear

Berbeda dengar hear, kalau hear itu lebih tidak terencana, atau terjadi tanpa tujuan yang kita rencanakan, misalnya saya mendengar radio tetangga yang padahal buka karena niat saya untuk mendengar radio tersebut. Karena bukan niat saya jadi kita pakai hear. Sedangkan kalau niat saya memang hidupkan radio baru kita pakai listen. Begitulah kira-kira pemahaman nya.

Baiklah teman-teman, mungkin demikianlah penjelasan beberapa kata-kata bahasa inggris yang mungkin akan membantu menambah pengetahuan kita kedepan nya. Semoga bermanfaat ya, dan bisa menambah ilmu kita semua. Jangan lupa komentarnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon