cara belajar bahasa inggris dengan mudah

7/23/2021

Cara dan tahapan belajar bahasa inggris dengan mudah



Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan bahasa inggris meningkat. banyak orang yang ingin belajar bahasa inggris. Ada yang butuh bahasa inggris untuk sekolah, pekerjaan, kebutuhan sehari-hari, bahkan sampai ingin menjadi guru bahasa inggris. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk pintar berbahasa inggris. 

Namun ingat semua itu butuh waktu  apalagi jika bahasa inggris nol, tentu membutuhkan waktu yang lebih panjang. Cara belajar berbahasa inggris juga ada banyak macam nya. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang cara dan tahapan nya, silahkan di simak ya teman-teman.

  • Belajar bahasa inggris untuk pemula

Bagi kawan-kawan yang merasa masih pemula, atau bahkan merasa bahasa inggris nya masih nol, ada baiknya untuk memahami tenses terlebih dahulu karena memang tense ini adalah aturan kebahasaan yang paling dasar. Cara belajar nya bisa kalian lakukan baik dengan mengikuti kursus bahasa inggris online misalnya, atau belajar dari blog ini juga bisa, saya sudah menulis di sini 16 tense lengkap silahkan klik saja link nya disamping ya. Asal ada kemauan bisa kalian pelajari sendiri di rumah. Nanti kalau ada kesulitan silahkan tuliskan saja di komentar.

  • Belajar dengan grammar

Nah kalau sudah belajar tenses, kalian bisa melanjutkan ke tahap grammar. Grammar adalah aturan kebahasaan yang lebih luas cakupan nya di bandingkan tenses. Tenses sendiri merupakan salah satu bagian dari grammar itu sendiri. Jadi agar bisa berbicara atau pun menyusun kata yang baik maka kita perlu grammar. Karena semakin baik grammar semakin tinggi kualitas bahasa inggris kita. Untuk mempelajari nya silahkan di baca berbagai macam grammar bahasa inggris yang sudah saya tulis di sini.

  • Rajin membaca dalam bahasa inggris(Reading)

Kemudian setelah kita punya bekal grammar, kita perlu memperkaya kosa kata yang kita miliki, salah satunya dengan banyak membaca. Banyak orang bertanya tentang cara membaca b inggris karena memang untuk mampu membaca dalam bahasa inggris butuh waktu dan latihan yang banyak. Namun perlu diketahui kuncinya yang paling baik untuk belajar reading adalah cobalah belajar membaca bacaan bahasa inggris dengan level yang sesuai dengan kemampuan anda. Kalau memang merasa masih sangat awam, silahkan cari buku bacaan untuk pemula atau untuk anak-anak juga bisa. 

  • Belajar bahasa inggris percakapan 

Kemampuan berbicara juga bisa anda jadikan sebagai salah satu fokus anda jika ingin pintar berbahasa inggris. Karena seperti yang kita ketahui bersama jika kita berada di luar negeri hal yang sangat penting adalah kita mampu dalam skill speaking atau berbicara. Mengenai cara lengkapnya bagaimana untuk mengikatkan kemampuan berbicara bahasa inggris silahkan di baca di sini.

  • Berlatih listening dan writing

Writing dan listening juga tidak kalah pentingnya juga lho. Apalagi kalau kalian ingin terjun ke dunia akademik, misalnya ingin kuliah ke luar negeri, maka skill ini sangat penting untuk dipelajari. Bayangkan saja jika kemampuan mendengar kalian tidak baik, bagaimana nanti ketika kuliah mendengarkan penjelasan dari dosen. Begitu juga dengan writing nanti kalau kuliah di luar negeri terkadang tugas akhirnya menulis penelitian dalam bahasa inggris. Kalau cara belajar dua skill ini ya kuncinya harus sering dilatih berulang-ulang agar terbiasa nanti bisa sendiri. Lebih lengkap mengenai caranya, untuk writing silahkan klik disini, sedangkan untuk listening disini.

Bagaimana cara belajar bahasa inggris mudah dan cepat, berikut ada cara-cara yang bisa kalian pilih sesuai preferensi masing-masing.

  • Kursus bahasa inggris offline

Mengenai bagaimana kalian belajar nah itu menjadi pilihan masing-masing sih. Yang paling bagus jika punya dana dan waktu, kalian bisa mencari kursus bahasa inggris profesional seperti misalnya kursus dari british council, atau pun ialf. Untuk yang lokal bisa juga kalian cari-cari info mengenai les terbaik kampung inggris di pare. Selain itu ini merupakan cara belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah karena memang kita di pandu oleh tutor yang profesionalnya langsung.

  • Kursus bahasa inggris online

Jika tidak memiliki banyak waktu dan harus memilih cara cepat belajar bahasa inggris maka mungkin bisa mengikuti secara online kalian juga bisa kok belajar online misalnya dengan melihat youtube atau baca artikel grammar di blog ini juga mungkin bisa membantu kalian berlatih sendirian yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Selain itu sekarang sudah banyak juga orang yang membuka jasa les bahasa inggris online biasanya cara ini dilakukan melalui video call seperti lewat zoom atau lewat google meet. Kursus b inggris online ini mungkin juga bisa jadi pilihan kalian untuk belajar inggris belajar dirumah online, karena memang lebih fleksibel.

  • Belajar bahasa inggris otodidak

Berbeda dengan cara belajar untuk pemula, kalau kalian sudah punya kemampuan yang cukup paling tidak sudah berada di level intermediate lah,  kalian bisa belajar sendirian dirumah. Kalian bisa menggunakan cara belajar otodidak.  Untuk fasilitas kalian bisa tinggal beli online atau cari bahasa inggris gratis di internet atau di website kursus bahasa inggris.

Nah demikianlah cara bisa bahasa inggris yang mungkin bisa coba kalian terapkan. Pilihlah cara pintar bahasa inggris yang paling sesuai dan paling nyaman menurut kalian. Ingat kalian harus sabar dan konsisten karena belajar bahasa inggris cepat pun juga butuh waktu.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Comments


EmoticonEmoticon